32 C
Semarang
Selasa, 21 Maret 2023

Sukirman Sosialisasikan Perlindungan dan Pencegahan Dini Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sragi – Wakil Ketua DPRD Jateng H. Sukirman menggelar kegiatan Sosialisasi Non Perda tentang Perlindungan dan Pencegahan Dini Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak kepada Ibu-ibu Muslimat Kecamatan Sragi di AA Pratama, Selasa (17/1/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Sukirman menjelaskan bahwa melindungi perempuan dan anak bisa memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya dengan memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis sehingga mengurangi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Baca juga:  Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Pemilu, Ikut Tentukan Nasib Bangsa

“Dengan memberikan perhatian kepada perempuan dan anak akan meningkatkan kualitas dalam pemenuhan haknya sehingga lebih baik serta memberikan perhatian lebih bisa mengurangi kemungkinan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujarnya.

Dampak psikologis kekerasan pada perempuan dan anak kekerasan terhadap perempuan dapat memiliki dampak psikologis yang buruk seperti trauma, reaksi fisik, keinginan bunuh diri, dan berbagai reaksi negatif lainnya dan perlu butuh waktu yang lama untuk memulihkan.

Baca juga:  Manfaatkan Teknologi secara Positif, Tingkatkan Taraf Hidup

“Sayangnya kekerasan terhadap perempuan baik secara verbal, seksual, maupun fisik penyembuhannya tak semudah luka akibat cedera bukan hanya fisik, tapi kehidupan psikologisnya juga menjadi taruhan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Muslimat NU Kabupaten Pekalongan Hj. Sumarwati menambahkan sebagai bunda dari ibu-ibu muslimat tentunya tidak ingin adanya tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Upaya pencegahan harus benar-benar diutamakan dan diperkuat, misalnya, dengan menggalakkan sosialisasi tentang bentuk-bentuk kekerasan, pendidikan kritis tentang kesetaraan gender, edukasi tentang hak-hak perempuan dan anak. Selain itu para pemangku kebijakan harus membangun kepedulian dan partisipasi warga masyarakat dalam pencegahan dan memberikan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan,” tandasnya. (dit/web/bas)

Baca juga:  DPRD Jateng Dorong Perlindungan Ibu dan Anak
Reporter:
Aditya R

Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Sementara Itu ..

Terbaru

Populer

Menarik

Lainnya