Dosen Untidar Dampingi Guru SMAN 1 Grabag Buat Modul Ajar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang Dosen Universitas Tidar Magelang mengadakan pendampingan membuat modul ajar semua mata pelajaran untuk guru SMA Negeri 1 Grabag, Kabupaten Magelang. Dosen Untidar sekaligus Ketua Pendampingan Pengabdian Masyarakat, Dr. Hari Wahyono, M.Pd., mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada Maret sampai Oktober 2022.

“Saya bersama Delfiyan Widiyanto, M.Pd. mengajukan proposal pengabdian masyarakat melalui LPPM-PMP (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu Pendidikan) Untidar lolos dan didanai. Kegiatan pengabdiannya yakni mendampingi guru-guru SMAN 1 Grabag menyusun modul ajar,”ujarnya.

Saat ini SMAN 1 Grabag sedang mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dijadikan modul ajar. “Modul ajar merupakan perubahan dari RPP. Jadi guru diharapkan menyusun modul ajar yang nantinya dapat digunakan oleh guru, siswa, dan orang tua,” imbuhnya.
Hari, mengatakan modul ajar yang dibuat diupayakan bisa di-International Standart Book Number (ISBN) dan dijadikan sebagai buku. Saat ini para guru sudah mulai membuat modul ajar.

Baca juga:  Guru Wajib Laporkan Riwayat Perjalanan
Dosen Untidar Dr Hari Wahyono, MPd memberikan materi dalam penyusunan modul ajar kepada para guru SMAN 1 Grabag, Kabupaten Magelang. (Istimewa)

Kepala SMAN 1 Grabag, Drs. Tatag mengaku sangat mendukung kegiatan ini. “Antusias para guru mengikuti penyusunan modul ajar sangat tinggi,” ungkapnya.
Berbagai tahapan dilakukan untuk pendampingan penyusunan modul ajar. Yakni penyamaan persepsi, memahami seluk beluk modul ajar, membuat kerangka modul ajar. Kemudian menyusun modul ajar, tahap review modul ajar yang dilakukan oleh dosen Untidar. Juga ada tahap revisi oleh guru. Menuju tahap akhir berupa pengajuan ISBN dan penjilidan pembuatan buku ajar.

“Saya berharap nantinya dapat memotivasi guru lain untuk membuat modul ajar yang dapat digunakan oleh guru, siswa, dan orang tua,” harapnya. (*/web/lis)

 

 



Baca artikel dan berita terbaru di Google News

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya