Unnes Kembali Raih Rekor Leprid, 10.000 Maba Bersihkan Sampah Plastik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali meraih rekor oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) saat Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Kamis (18/8).

Rekor tersebut yaitu pembersihan sampah plastik pada selokan serentak secara hibrid oleh mahasiswa baru (maba) Unnes se-Indonesia.

Salah satu mahasiswa baru Unnes, Ahmad Jonathan, mengaku mengumpulkan sampah plastik sebanyak empat plastik besar. “Divideo, lalu dikumpulkan. Kami sangat mendukung karena kegiatan ini baik dan bisa menjadi contoh semua orang agar mengurangi sampah plastik,” ujar mahasiswa ilmu keolahragaan.

Mahasiswa lain, Luqna Firdausa Hasna, menambahkan, kegiatan pengumpulan sampah plastik pada ini sangat penting sekali. “Karena di Indonesia ini kan banyak yang belum sadar tentang kebersihan, terutama membuang sampah plastik ini. Saya harap bisa mengurangi sampah plastik,” ujar warga Semarang.

Baca juga:  Jual di Tokopedia, Patrobas Cetak Rekor Penjualan Tercepat dalam Waktu 4 Menit

Ketua PKKMB Unnes 2022, Muhammad Ikfal Fathoni, menjelaskan pihaknya mengangkat isu lingkungan sebagai pengenalan kampus. “Kami fokusnya di lingkungan, kami fokus di sampah plastik karena sampah plastik ini kan semakin banyak dan sulit terurai,” ujarnya.

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa baru Unnes dari Sabang sampai Merauke di lingkungan masing-masing secara online melalui video pengumpulan. “Kemarin juga ada di lingkungan kampus Unnes,” ujar mahasiswa Jurusan Manajemen.

Ia berharap, adanya rekor baru ini bisa memantik masyarakat sekitar agar menjaga lingkungan. “Kami mengumpulkan sampah plastik, lalu difilter, dan dikelola. Karena banyak sampah yang kita kumpulkan. Kita bisa mendaur ulang sampah ini,” jelasnya.

Ketua Umum Leprid, Paulus Pangka, menambahkan para mahasiswa baru Unnes di seluruh Indonesia melakukan kepedulian lingkungan hidup atau ekologi kampus. Yakni dengan menggelar kegiatan pembersihan sampah plastik pada selokan di 34 provinsi. “Ini melibatkan seluruh 10.000 mahasiswa baru Unnes,” ujarnya.

Baca juga:  Pandemi Tak Menyurutkan Prestasi Mahasiswa Unnes

Kegiatan ini berlangsung pada 16 Agustus 2022 secara langsung di lingkungan Unnes, dan daring di lingkungan masing-masing. Leprid memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Rektor Unnes, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. selaku inspirator.

Selain itu, penghargaan ini juga diberikan kepada Pantia PKKMB Unnes 2022 selaku pemrakarsa. Dan juga BEM KM Unnes tahun 2022 sebagai pendukung rekor ini. “Leprid mencatat rekor ini pada nomor 761 dengan kriteria Superlatif,” jelasnya. (fgr/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya