alexametrics

Alhamdulillah, 62% Siswa Lulusan SMA Islam Al Azhar 14 Tahun Ini Diterima PTN

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi destinasi favorit bagi murid SMA untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak terkecuali, bagi murid angkatan 5 SMA Islam Al Azhar 14 yang lulus pada tahun 2022 ini.

Mereka berhasil mencatatkan prestasi yang luar biasa. Sebab, sebanyak 51 dari 82 murid angkatan 5 SMA Islam Al Azhar 14 berhasil diterima di berbagai PTN, seperti UGM, UNDIP, ITS, UNAIR, dan lain-lain. Artinya, persentase murid yang lolos ke PTN sebesar 62%.

Persentase tersebut meningkat cukup signifikan dibandingkan lulusan tahun sebelumnya (2021) yang meloloskan 40% murid ke PTN. Adapun jalur masuk yang digunakan anak-anak jenisnya beragam, mulai dari SNMPTN, SBMPTN/UTBK, Bibit Unggul, hingga Ujian Mandiri. Menurut Kepala SMA Islam Al Azhar 14, Arie Hendrawan, prestasi yang diraih oleh anak-anak adalah buah kerja sama dari sejumlah pihak.

Baca juga:  PGRI Terus Dorong Kuota Guru di Jateng Terpenuhi

“Saya menilai, keberhasilan anak-anak menembus PTN sebagai hasil kolaborasi dari berbagai pihak, khususnya sekolah dengan wali murid. Sekolah berusaha memberikan berbagai program inovatif, seperti psikotes, kelas intensif UTBK, dan pendampingan TPS. Sementara itu, orang tua murid percaya dan mendukung penuh program-program sekolah tersebut,” ungkap Arie Hendrawan.

Salah satu hal yang menarik adalah dari 62% murid yang diterima di PTN, 45% di antaranya masuk ke UNDIP. Kebetulan jarak antara SMA Islam Al Azhar 14 dengan UNDIP tidak jauh, hanya terpaut 1,7 km. Oleh sebab itu, ada yang menyebut fenomena itu sebagai “bedol sekolah”.

“Istilah bedol sekolah muncul karena mayoritas lulusan angkatan 5 SMA Islam Al Azhar 14 diterima di UNDIP, yakni sebanyak 37 anak atau 45%. Ditambah, jarak antara sekolah dengan UNDIP hanya berjarak 1,7 km. Jadi, seolah-olah mereka hanya pindah sekolah saja,” terang Arie Hendrawan.

Baca juga:  Rekomendasi Ekosistem Xiaomi yang Siap Bikin Lebaran Lebih Baik

Di samping itu, catatan menarik lain menurut Kepala Sekolah adalah di antara 51 murid yang diterima di PTN, beberapa berhasil diterima di lebih dari satu kampus. Terdapat 4 anak yang lolos di 2 kampus negeri. Bahkan ada 1 anak yang berhasil masuk di 3 PTN sekaligus, yakni UGM, ITS, dan UNS.

“Alhamdulillah, rezeki anak-anak. Memang ada 5 anak yang diterima di lebih dari satu PTN. Info terakhir yang saya dapatkan, bahkan ada satu anak yang berhasil diterima di tiga kampus, yakni UGM, ITS, dan UNS. Sang anak kemudian memilih UGM, Jurusan Teknik Fisika,”jelasnya.

Sekolah berharap, prestasi yang diraih akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Kemudian, dapat membuka mata masyarakat umum yang masih menganggap lulusan SMA swasta sulit bersaing untuk memperoleh kursi masuk PTN, sebab SMA Islam Al Azhar 14 telah berhasil menepis stigma tersebut. (sls/web/bas)

Baca juga:  Siapkan The Next Leader, BUMN Muda Launching Program Mentorship

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya