Erick Thohir IngatkanTiga Karakter Songsong Revolusi Industri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang — Sebanyak 3.068 mahasiswa baru Universitas Tidar (Untidar) mengikuti kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB). Kegiatan berlangsung pada 8-13 Agustus 2022. Ini adalah kali pertama PKKMB diadakan secara luring, setelah 2 kali PKKMB sebelumnya daring karena pandemi Covid-19.

“Atas nama keluarga Universitas Tidar, dengan senang hati saya menyambut anda semua. Saya senang melihat anda pagi hari sudah lebih awal datang dengan rapi, dengan uniform berwarna hitam putih dan berdasi. Mudah-mudahan ini akan membawa keberkahan bagi kita semua di kampus tercinta ini,” kata Rektor Untidar Prof. Dr. Ir. Mukh. Arifin, M.Sc., mengawali sambutannya di acara sidang senat PKKMB Senin (8/8) lalu di auditorium Untidar gedung HR Suparsono.

Baca juga:  Yamaha Gear 125, Si Jago Tanjakan, Aman Terobos Kabut

Lanjut Prof Mukh Arifin, jantung Untidar adalah budaya akademik dan kewirausahaan. “Produk dari kami adalah penelitian, dan penemuan baru. Penemuan baru tentang bagaimana alam dan dunia fisik bekerja, penemuan baru tentang bagaimana kita mengerjakan segala sesuatu secara efisien. Pengetahuan baru tentang perilaku manusia, pemahaman baru tentang catatan pencapaian manusia di dunia ini, tentang siapa kita dan apa arti kehidupan kita,” urai rektor.

Dalam sidang senat PKMMB, mahasiswa baru juga secara khusus mendapatkan insight dari Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, H. Erick Thohir, B.A., M.B.A. Secara daring Erick menyampaikan agar mahasiswa baru Untidar optimistis menyongsong masa depan.

“Kita harus mampu mengisi ruang yang dibutuhkan oleh industri 4.0, baik secara profesional maupun akademik. Sehingga bisa link and match dengan industri yang berbasis teknologi,”paparnya.

Baca juga:  Bangun Kemitraan dengan Tula State University

Setidaknya, kata Erick Thohir, ada 3 karakter yang dibutuhkan ketika menghadapi arus distraksi. Pertama berpola pikir growth mindset. Kedua, bersikap tangkas dalam menangkap tren teknologi. Ketiga, menjadi fondasi umat manusia, dengan karakter dan akhlak,” tutur Erick.

Adapun 3.068 mahasiswa baru tersebut terdiri dari S1 Agroteknologi (151 mahasiswa), S1 Peternakan (145 mahasiswa), S1 Akuakultur (113 mahasiswa), S1 Ekonomi Pembangunan (209 mahasiswa). Kemudian S1 Manajemen (217 mahasiswa), S1 Akuntansi (208 mahasiswa), D3 Akuntansi (91 mahasiswa), S1 Administrasi Negara (207 mahasiswa), S1 Hukum (217 mahasiswa), S1 Ilmu Komunikasi (207 mahasiswa). Juga S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (206 mahasiswa), S1 Pendidikan Bahasa Inggris (195 mahasiswa), S1 Pendidikan IPA (156 mahasiswa), S1 Pendidikan Biologi (121 mahasiswa), S1 Pendidikan Matematika (113 mahasiswa), S1 Teknik Elektro (160 mahasiswa), S1 Teknik Mesin (165 mahasiswa), S1 Teknik Sipil (168 mahasiswa), D4 Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur (24 mahasiswa).

Baca juga:  Wabub Suyono Letakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Miftachul Huda Sigandu

Mereka mendapatkan pengenalan kehidupan kampus, dan pengayaan berbagai materi. Tema PKKMB 2022 adalah Kaia Askara yang memiliki makna lautan sinar cahaya. Dengan harapan bahwa mahasiswa baru Universitas Tidar mampu menjadi penerus Tidar muda yang memiliki harapan besar secerah cahaya yang menyinari dunia, serta mampu menjadi pioneer di masa peralihan pandemi. (lis/web)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya