alexametrics

Perkuat Industri Hijau, SG Gunakan 100% Purified Gypsum Dalam Proses Produksi Semen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Rembang – PT Semen Gresik (PTSG) konsisten menjalankan prinsip manufacturing excellent yang berlandaskan industri hijau dengan penggunaan 100% purified gypsum (gipsum murni) sebagai bahan baku produksi semen.

Pemanfaatan purified gypsum merupakan hasil dari penyerapan produk industri lainnya yang mampu menghemat penggunaan sumber daya alam tidak dapat terbaharui, sekaligus mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri (TKDN) sehingga dapat menekan penggunaan produk import.

Senior Manager of Communications and CSR PTSG, Dharma Sunyata menjelaskan bahwa dengan pemanfaatan purified gypsum, Semen Gresik masuk dalam daftar salah satu best practice terbaik Semen Indonesia Group (SIG). Selain itu, SG juga menjadi perusahaan pertama sejak beroperasi tahun 2017 sampai sekarang yang konsisten dalam pemakaian 100% purified gypsum sebagai bahan baku.

Baca juga:  Perkokoh Silaturahmi, Semen Gresik 'Nyawiji' dan Berbagi dengan Sedulur Sikep Samin

“Semen Gresik membutuhkan 3 – 5% purified gypsum dari total jumlah produk semen yang dihasilkan, untuk target di tahun 2022 terdapat peningkatan 14% dari tahun 2021”, Papar Dharma Sunyata pada keterangan persnya (10/8).

Purified gypsum (CaSO4.2H2O) merupakan bahan material yang wajib ditambahkan pada proses penggilingan klinker menjadi semen, dengan fungsi untuk mengatur waktu pengikatan semen atau yang dikenal dengan sebutan retarder.

Lanjut Dharma, dalam penggunaan purified gypsum ini, perusahaan diuntungkan dengan biaya yang lebih ekonomis, karena harga lebih kompetitif dibandingkan gypsum natural (import) yang biasa didapatkan dari luar negeri.

“Semen Gresik berkomitmen untuk terus konsisten dalam menjaga kualitas produk dan mendukung pembangunan di Indonesia, seperti jalan tol, jembatan, gedung, dan bangunan lainnya”, Pungkasnya. (gie/web/bas)

Baca juga:  Kemenkumham Jateng Gelar Diseminasi Layanan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan,

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya