alexametrics

Layanan Kekayaan Intelektual Hadir di Bazar UMKM Batang

Artikel Lain

RADARSEMARANG, Batang – Kanwil Kemenkumham Jateng “jemput bola” untuk memberikan pelayanan Kekayaan Intelektual kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Batang. Kegiatan tersebut tergabung dalam Bazzar UMKM yang diselenggarakan di Lapas Kelas IIB Batang pada hari ini, Sabtu (06/08).

Dengan membuka stan tersendiri, Sub Bidang Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Jateng menyediakan pelayanan konsultasi dan pendaftaran Merek, Cipta, Paten, Desain Industri, Indikasi Geografis dan lainnya.

Yuspahruddin mengatakan, pihaknya terus mengajak semua elemen, baik pelaku usaha, masyarakat dan Pemerintahan untuk selalu mengkampanyekan perlindungan terhadap Kekayaan Intelektual.

Ia memaparkan lingkup Kantor Wilayah dalam Kekayaan Intelektual. Yakni pendaftaran merek, hak cipta, paten, desain industri dan termasuk indikasi geografis.

Baca juga:  Wamenkumham Buka Publik Expo Kemenkumham Jateng

“Oleh karena itu kami selalu menyemangati, meminta kita selalu memberikan semangat kepada UMKM untuk mendaftarkan mereknya”.

Pihaknya juga mengajak Pemerintah Daerah untuk bersama-sama mendorong UMKM Daerah untuk lebih maju dan kalau seandainya ada indikasi geografis segera didaftarkan.

Selain pelayanan Kekayaan Intelektual, pada event itu, Kanwil Kemenkumham Jateng juga menyediakan pelayanan konsultasi dan pendaftaran pembentukan Perusahaan Perorangan serta Pendaftaran E-Katalog Sektoral Kemenkumham.

Di sela-sela acara Yuspahruddin menyempatkan diri untuk memberikan pemahaman tentang perlindungan Kekayaan Intelektual di stan-stan UMKM yang ambil bagian di lokasi tersebut. Ia menerangkan jika UMKM tidak punya merek, dan usahanya nanti menjadi besar akan timbul sengketa terkait dengan sengketa merek.

Baca juga:  Kemendag Ubah Kategorisasi Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta Respon Tren Global

“Ketika barangnya bagus, sudah besar usahanya bisa diambil orang kalau kita tidak segera mendaftarkan,” tambahnya menjelaskan .

Di kesempatan yang sama, Kakanwil Kemenkumham Jateng menyerahkan Sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal Kabupaten Batang berupa Kopi Surjo, Batik Gringsing dan Tradisi Nyadran Gunung Desa Silurah kepada Pemerintah Kabupaten Batang.

Sekaligus membuka kegiatan Crossfit Kakanwil Kemenkumham Jateng Competition dan meresmikan dibukanya Taman Ber-Akhlak Lapas Kelas IIB Batang.

Hadir pada acara pembukaan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Batang Retno Dwi Irianto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Perwakilan Forkompinda Kabupaten Batang, Kepala UPT se Eks Karesidenan Pekalongan dan para Mitra Kerja Lapas Kelas IIB Batang. (ifa/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya