alexametrics

Pemprov Jateng Komitmen Dukung Kemandirian Alat Kesehatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng berkomitmen untuk terus mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri, sebagai penguatan industri di tanah air, termasuk produk alat kesehatan.

Komitmen itu ditegaskan Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, usai membuka pameran alat kesehatan produksi dalam negeri dan perguruan tinggi, di Semarang, senin (27/6/22).

“Alat kesehatan yang selama ini membanjiri Indonesia masih didominasi impor, nah pameran ini sekaligus mengenalkan bahwa kita mampu memproduksi alat kesehatan dengan kualitas yang tidak kalah dengan impor, pameran ini sekaligus juga mengenalkan dan bisa memghubungkan dengan para user,” kata Sumarno.

Komitmen Pemprov Jateng terhadap produk dalam negeri sendiri,tambah Sumarno, ditunjukkan dengan pengawasan ketat terhadap TKDN 40% penggunaan barang dan jasa harus menggunakan produk Indonesia.

Baca juga:  Kemendag Ubah Kategorisasi Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta Respon Tren Global

“Kita pantau terus, karena kita juga laporkan ke pusat, progres-progres penyerapan anggaran untuk penggunaan dalam negeri, seperti misalnya kata pak Gub, masak sih untuk tempat tidur mesti harus impor,” tandasnya.

Sementera itu  Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc b, menyatakan pihaknya sangat mendukung di bidang riset terutama untuk alat-alat kesehatan, dimana para peneliti berdiskusi dengan rumah sakit yang membutuhkan peralatan tertentu.

“Khusus dengan Gakeslab kita bekerjasama dalam proses hilirisasinya, karena universitas memproduksi hasil riset itu sangat bisa tapi untuk hilirisasi kita harus belajar banyak dengan Gakeslab dan mereka sangat mendukung kita” tutur Ambariyanto.

Dalam pameran yang di gelar GAKESLAB Indonesia di Semarang sendiri, Undip menampilkan beragam peralatan kesehatan hasil riset, salah satunya robotic yang menarik perhatian pengunjung pameran. (sls/web/bas)

Baca juga:  Tekan Angka Kematian Bumil dengan Pelatihan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya