alexametrics

Alasan Memilih Semarang untuk Memulai Bisnis Kamu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Menjadi seorang pebisnis haruslah memiliki kemampuan membaca peluang. Kamu juga harus bisa merancang rencana bisnis, melakukan analisis, dan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis usaha.

Menariknya, tak hanya Kota Jakarta yang
menawarkan peluang untuk meraup pundi-pundi rupiah melalui dunia bisnis. Bisnis di
Semarang juga tak kalah potensial.

Dibandingkan kota besar lainnya, jumlah investor dan pebisnis di Semarang masih tergolong rendah. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dan memulai bisnismu di ibu kota provinsi Jawa Tengah ini.

Sederet Alasan Memulai Bisnis di Semarang

Kalau kamu masih ragu, berikut sederet alasan memilih Kota Semarang untuk berbisnis.

Akses Mudah

Sejak zaman pendudukan Belanda, Semarang sudah menjadi wilayah penting. Semarangvmempunyai jalur distribusi memadai yang menghubungkan kota besar maupun kecil melalui jalur darat, udara, dan laut. Kamu bisa menjangkau Semarang menggunakan jalan raya, jalur tol, jalur kereta api, atau bandar udara.

Akses lengkap ini memudahkan kamu
menjangkau pasar terpencil. Lantaran mempunyai akses langsung ke Laut Jawa, Semarang memudahkan proses distribusi barang ke pasar internasional. Tak hanya itu saja, adanya akses lengkap juga akan membuat kamu lebih mudah melakukan proses pengadaan barang. Kemudahan akses ini bisa kamu manfaatkan untuk meraih peluang potensial.

Baca juga:  Transaksi UMKM Semarang Naik 36 Kali Lipat Berkat Inisiatif Hyperlocal Tokopedia

Lokasi Istimewa

Terletak di pantai utara, lokasi Semarang sangat strategis. Selain dekat dengan sejumlah kota penting, Semarang juga diapit pasar domestik terbesar, yakni Jakarta dan Surabaya.

Semarang dikenal sebagai provinsi yang memiliki tanah subur. Produk pertanian
andalannya adalah padi basah. Lantaran menghasilkan nasi berkualitas tinggi, cukup banyak pebisnis yang membuka usaha kuliner. Mulai dari warung nasi, kafe, hingga restoran.

Tak hanya diberkahi alam dengan pemandangan rupawan, Semarang juga dikelilingi oleh kawasan industri. Salah satunya adalah Kawasan Industri Kendal. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk memulai bisnis baru di bidang industri tekstil, kimia, perdagangan, perhotelan, dan F&B (Food and Beverages).

Peluang SDM Besar

Bisnis usaha di Semarang didukung dengan tenaga kerja yang melimpah. Hal ini tak lepas dari terjadinya migrasi besar-besaran dari daerah lain. Kamu tak akan kesulitan untuk mencari tenaga kerja sesuai kualifikasi. Biaya upah tenaga kerja di Semarang juga lebih rendah dibandingkan Jakarta. Tentunya hal ini akan membuat beban keuangan kamu
berkurang. Terutama apabila kamu memiliki bisnis yang membutuhkan banyak tenaga kerja.

Harga Sewa Bangunan Lebih Terjangkau

Baca juga:  Jasa Raharja Buka Pendaftaran Mudik Sehat Bersama BUMN Tahun 2022

Ketika hendak memulai bisnis offline maupun digital business, kamu tentu akan mempertimbangkan bangunan untuk dijadikan sebagai kantor ataupun gudang.

Di Semarang, harga sewa bangunan cukup terjangkau. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan perusahaan besar memilih untuk berbisnis di Semarang.

Mendapat Dukungan Pemerintah

Pelaku bisnis di Semarang mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Hal ini tak lepas dari tujuan pemerintah untuk mendorong angka pertumbuhan bisnis nasional. Bentuk dukungan yang diberikan pemerintah hadir dalam beragam bentuk. Beberapa di antaranya adalah subsidi bunga, pembiayaan investasi, penjaminan loss limit kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta kemitraan usaha Menengah dan Besar.

Pemerintah juga merancang program Gernas (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia).

Program ini dirancang untuk mendorong UMKM menerapkan digital business. Harapannya, jumlah UMKM yang telah go digital mencapai 30 juta di tahun 2030.

Kalau tertarik memulai bisnis usaha, kamu bisa mempertimbangkan Kota Semarang sebagai pilihan. Berbekal peluang bisnis di Semarang yang terbuka lebar, kamu bisa mengembangkan sayap dan menjadi pebisnis sukses di masa depan.

Sejalan dengan visi membina dan memberdayakan Nusantara, Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia, BINUS @Semarang juga menyediakan beragam fasilitas dan tim pengajar terbaik di bidangnya untuk para generasi muda yang tertarik untuk mengembangkan bisnisnya sendiri. Program studi di BINUS @Semarang yang terdiri dari Information Systems @Semarang, Computer Science @Semarang, Industrial Engineering @Semarang, Visual Communication Design @Semarang, dan Digital Business, dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam Era Industri 4.0.

Baca juga:  Berkat Pendanaan Pra-IPO, Investasi Telkomsel di GoTo Ditaksir Makin Untung

Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP selaku Campus Director BINUS @Semarang menyampaikan mengenai pentingnya dukungan bagi kesiapan SDM untuk membangun bisnis berkelas dunia.

“2 dari 3 lulusan BINUS @Semarang ditargetkan bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Untuk mencapai target tersebut BINUS @Semarang memiliki Program (2+1)+1, yang membekali mahasiswa belajar 2 tahun di BINUS @Semarang, 1 tahun di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain, dan 1 tahun mengikuti 1 dari 7 program enrichment yang ada.”

Selain itu, pengembangan keterampilan diluar kelas juga diperkuat melalui Program
(2+1)+1, yang didalamnya terdapat Enrichment Program Entrepreneurship track. Melalui track ini pula, mahasiswa dibimbing untuk membangun start-up sekaligus dipertemukan dengan para calon investor. Diharapkan kedepannya, dengan berkembangnya ekosistem bisnis di kota Semarang, para generasi muda dapat menjadi siap untuk menjadi motor
penggerak untuk semakin memajukan perekenomian di Semarang dan Jawa Tengah. (ida/web/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya