alexametrics

PNM Targetkan 1.000 Nasabah Punya NIB

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) targetkan 1.000 nasabah mempunyai nomor induk berusaha (NIB). Untuk mewujudkan hal teesebut, PNM menggelar sosialisasi manfaat NIB di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Jumat (24/6).

Pelatihan ini dikenal sebagai sosialisasi antar nasabah PNM yakni PKU Akbar. Melalui program ini PNM memberikan pelatihan dan pendampingan. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan nasabah. Khususnya terkait dengan pengembangan bisnis.

Pemimpin Cabang PNM Semarang Hafiludin Kurniawan mengaku total ada 500 nasabah di Kota Semarang yang akan mendapatkan NIB.

“PNM mendorong pelaku usaha kecil menengah (UKM) agar dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya NIB. Target akhir tahun adalah 1000 nasabah,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia menambahkan NIB ini sebagai legalitas usaha. Sehingga usaha yang dijalankan dapat terjarmin dan berpeluang untuk terus berkembang. Total nasabah PNM di Jawa Tengah sebanyak 1,4 juta. Namun belum ada 50 persen yang memiliki NIB.

Baca juga:  Bukan Aksi Korporasi Biasa, Holding Ultra Mikro Punya Tujuan Mulia

“PNM ini berupaya agar nasabah yang usahanya kecil nanti bisa meningkat dan naik kelas. Salah satunya adalah mereka mempunyai perizinan yang sesuai,” tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan ada banyak kemudahan yang diperoleh jika nasabah PNM memiliki NIB.

“Dengan memiliki NIB para pelaku UKM ini usahanya menjadi formal, selain itu bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam berjalannya usaha,” akunya.

Kemudahannya yakni dapat meningkatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan, memiliki peluang untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta dapat mengikuti berbagai pelatihan. Menurutnya para pelaku usaha harus mengedepankan perilaku. Termasuk dalam kejujuran bahan baku dan integritas.

Salah satu nasabah Rosiyana mengaku senang dengan adanya sosialisasi NIB ini. Baginya PNM memberikan kemudahan dalam mengembangkan usahanya.

Baca juga:  Muslimat NU Semarang Timur dan CLA Group Bagikan Paket Lebaran

“Alhamdulillah banyak dibantu. Dulu nggak punya modal dipinjami sampai sekarang warungnya sudah mulai besar. Perizinan NIB juga dibantu sehingga mempermudah kami dalam mengembangkan usaha,” katanya. (kap/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya