alexametrics

Kembalikan Kepercayaan Masyarakat, PT Equityworld Futures Semarang Inisiasi Pelatihan Pra-WPB

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Maraknya investasi bodong turut berdampak pada industry Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK). Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dan meluruskan kesalahpahaman, PT Equityworld Futures menginisiasi Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pra-Wakil Pialang Berjangka (WPB).

Masih banyak masyarakat yang belum teredukasi soal investasi bodong. Sebagian menganggap PBK juga dapat menyebabkan kerugian atau penipuan serupa. Padahal keduanya merupakan hal yang sama sekali berbeda.

PBK berfokus pada komoditi fisik berupa emas, minyak, dan lainnya.Dengan diadakannya pelatihan ini, perusahaan hendak mencetak 120 SDM staf marketing atau disebut bisnis konsultan terampil yang mampu mengedukasi masyarakat dan calon nasabah.

“Industri PBK ini begitu kompleks, makanya perlu SDM yang cakap dan mampu mengedukasi masyarakat,” tutur Kepala Cabang PT Equityworld Futures Semarang Ismet Paradis kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Peserta yang terbagi dalam enam angkatan mengikuti pembekalan selama 2 hari setiap bulan. Selama tiga bulan berturut-turut, peserta pelatihan akan mengikuti setiap jenjang. yakni basic, intermediate, dan advance.

Baca juga:  Rayakan HUT Kota Semarang yang ke-475, Tokopedia Bagikan Tren Belanja di Ibu Kota Jawa Tengah

Kemudian mereka dapat mengikuti uji sertifikasi WPB yang diadakan oleh Badan Pengawas Pedagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Dengan legalitas sertifikasi tersebut mereka yang langsung diterjunkan ke lapangan dapat lebih dipercaya masyarakat.

“Jadi staft marketing kami mampu mempromosikan Perdagangan Berjangka Komoditi secara benar dan terperinci,” imbuhnya.

Sertifikat WPB ini terbilang sangat penting bagi mereka yang terjun dalam industry PBK. Termasuk masyarakat maupun nasabah perlu mengetahui bila sertifikat ini mesti dimiliki WPB sebagai bukti profesionalisme.

“Ibaratnya kalau mau masuk perguruan tinggi kan perlu persiapan seperti ikut bimbel. Nah ini kalau mau peluang lulus sertifikasi semakin besar, bisa ikut pelatihan ini,” ujar Kepala Biro Pembinaan & Pengembangan Pasar Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi oleh Bapak Tirta Karma Senjaya.

Baca juga:  HUT Ke-76, BNI Gelar Akad 5.476 Debitur FLPP
PT Equityworld Futures menginisiasi Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pra-Wakil Pialang Berjangka (WPB). (Istimewa)

Diakui pelatihan ini merupakan pilot project yang menjadi langkah awal transformasi perusahaan. Ke depannya, pelatihan serupa akan terus digelar untuk melahirkan bisnis konsultan WPB tersertifikasi Bappeti.

Bahkan kesempatan akan dibuka oleh pegawai di luar PT Equityworld Futures Semarang. Rencananya pelatihan level dasar akan diikuti sebanyak 1.817 peserta non WPB pada pelatihan berikutnya. Peserta mendapat 4 materi pada tingkat basic, 8 materi pada tingkat medium, dan 10 materi pada tingkat advance.

Target pelatihan, peserta mendapat bekal soal  payung hukum, mampu memahamkan orang lain, pengantar PBK, mampu menjelaskan risiko, pengenalan produk, analisa harga komoditas, hingga simulasi calon nasabah mampu bertransaksi secara mandiri.“Ini yang sudah terlaksana 6 angkatan secara bergilir kami latih sejak 2-24 Juni,” tutur Ismet.

Baca juga:  Terdepan Dalam Penerapan Prinsip ESG, BRI Dinilai Unggul di ‘Investasi Hijau’

Lebih lanjut, jangka panjang pihaknya akan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi untuk menjadikan PBK mata kuliah ekstensi ataupun prodi baru. Maka tak hanya staf perusahaannya saja yang dapat membantu Bappebti mengedukasi masyarakat. Namun instansi pendidikan juga mengambil peran.“Kami sudah sounding ke Udinus dan Unissula,” pungkas Ismet. (taf/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya