alexametrics

Rekomendasi 9 Aplikasi Keuangan Perusahaan yang Paling Banyak Digunakan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Berbicara tentang aplikasi, maka kita berbicara tentang penerapan. Namun dalam hal ini, aplikasi lebih mengarah pada suatu alat berupa program software Jadi, aplikasi berbasis akuntansi bisa didefinisikan sebagai suatu program komputer yang berhubungan dengan akuntansi dan dapat membantu seorang akuntan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Di zaman serba modern seperti sekarang, teknologi komputer memang sudah dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk seorang akuntan. Software akuntansi dirasa perlu digunakan karena aplikasi tersebut dianggap mempermudah seorang akuntan dalam melakukan pembukuan seperti merekap data transaksi, keuntungan, pengeluaran, maupun data-data keuangan yang lain.

Menggunakan aplikasi keuangan perusahaan akan memungkinan seorang akuntan lebih meminimalisir kesalahan dalam proses pencatatan. Berbeda dengan cara manual, proses pembukuan membutuhkan ketelitian tinggi yang biasanya malah memperlambat kinerja seorang akuntan. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan software akuntansi, pekerjaan akuntan dinilai lebih cepat selesai dibandingkan melakukan pembukuan secara manual.

Pengertian Aplikasi Keuangan

memantau alur transaksi keuangan sobat, sehingga apabila terjadi keuntungan atau kerugian akan cepat diketahui.

Dewasa ini telah banyak aplikasi keuangan yang dapat sobat gunakan, mulai yang berbasis desktop maupun yang berbasis website. Hampir kesemuanya sudah dilengkapi dengan fitur – fitur yang serba otomatis. Sehingga sobat komputer dapat dengan mudah untuk menggunakannya. Selain itu aplikasi keuangan banyak beredar di internet menyediakan Laporan keuangan yang dapat sobat cetak dalam kurun waktu tertentu.

Fungsi Aplikasi Keuangan Perusahaan

Bagi sobat komputer yang banyak berkecimpung dalam dunia akuntansi, tentu memerlukan sebuah alat bantu yang dapat mempercepat pekerjaan sobat, terlebih untuk masalah keuangan dibutuhkan juga keakuratan dan keamanan dalam penanganannya. Dibawah ini beberapa fungsi aplikasi keuangan yang dapat saya simpulkan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Mempercepat Pekerjaan

Sebelum adanya aplikasi keuangan baik untuk PC maupun smartphone, proses pembuatan laporan keuangan dibuat secara manual dan bertahap, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan adanya aplikasi keuangan proses pembuatan laporan keuangan hanya dilakukan dalam satu kali proses saja, sehingga waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat.

  1. Lebih Akurat

Akurasi penghitungan keuangan sangat diperlukan, agar supaya dalam membuat laporan tidak terjadi kesalahan. Dengan adanya aplikasi keuangan, pembuatan laporan keuangan dapat dikerjakan secara akurat dan tentunya lebih cepat.

  1. Transparan

Fungsi aplikasi keuangan yang tidak kalah pentingnya adalah Transparansi, dengan adanya aplikasi keuangan laporan keuangan dapat ditampilkan lebih detail sehingga meminimalisir adanya kecurangan.

  1. Aman

Apabila sobat komputer menggunakan aplikasi keuangan untuk membuat laporan keuangan di perusahaan atau instansi sobat, maka keamanan data akan lebih terjaga. Hal ini dikarenakan aplikasi keuangan dirancang untuk melindungi data yang sobat simpan di komputer.

  1. Flexible
Baca juga:  Ridwan Kamil Minta Kepadatan Penduduk Masuk Pertimbangan Besaran Alokasi Dana Desa

Selain itu aplikasi keuangan juga dirancang untuk digunakan secara flexible, jadi sobat dapat mengerjakan laporan keuangan kapan saja dan dimana saja. Terlebih apabila aplikasi tersebut berbasis website, sobat tentunya akan lebih dipermudah dalam menggunakannya, meskipun dilakukan dengan tim khusus.

Aplikasi keuangan perusahaan terbaik dan terpopuler di 2022

Mengatur keuangan merupakan hal paling dasar yang harus kalian lakukan jika ingin cepat kaya. Pengaturan uang yang baik akan memberikan kalian banyak opsi tentang bagaimana cara menghasilkan uang tambahan. Contohnya adalah investasi, modal usaha dan masih banyak lagi. Nah bagi kalian yang ingin mengatur keuangan kalian dengan cara yang simpel dan praktis, simak 9 aplikasi keuangan perusahaan terbaik di 2022!

Berikut adalah daftar rekomendasi aplikasi yang bisa kalian download di playstore maupun app store:

  1. Jurnal by Mekari

Jurnal merupakan salah satu aplikasi pencatat keuangan dan pembukuan harian untuk UMKM yang berfungsi untuk melacak transaksi bisnis dan juga keuntungan penjualan.

Mulai dari pemasukan dan pengeluaran, hutang dan piutang pelanggan. Bahkan juga bisa membuat laporan keuangan usaha dengan sangat mudah!

Ini adalah cara baru dalam mencatat keuangan bisnis, menggantikan cara lama yaitu pencatatan keuangan manual di buku dan kertas yang bikin pusing. Dan penyederhanaan dari aplikasi akuntansi UKM.

Lalu apa aja sih keunggulan dari aplikasi ini?

  • Mencatat utang piutang – Jurnal akan mengirimkan SMS pengingat otomatis ketika jatuh tempo dan tanpa biaya apapun, lho!
  • Catatan penjualan/Pemasukan dan pengeluaran – Kamu bisa cek dengan mudahnya untung-rugi bisnismu.
  • Laporan keuangan otomatis – Buat laporan keuangan usahamu harian, mingguan dan bulanan secara otomatis dan cepat.
  • Bisa digunakan tanpa koneksi internet – Hemat kuota, deh!
  • GRATIS selama 14 hari!!!

2. Wallet

Aplikasi pertama yang masuk daftar rekomendasi adalah wallet, cara daftarnya juga sangatlah mudah cukup pilih opsi ingin menggunakan facebook atau gmail. Fitur financial goal disediakan di aplikasi ini dan aplikasi ini juga bisa disinkronkan dengan saldo rekening pada bank kalian loh! Fitur dasar sebuah aplikasi keuangan juga sudah tersedia seperti catatan transaksi, total tabungan dan lain-lain.

3. Finansialku

Nah di rekomendasi aplikasi selanjutnya ada Finansialku yang merupakan keluaran perusahaan asal Indonesia yaitu PT Solusi Finansialku Indonesia. Disini kalian bisa mengisi beberapa dana yang akan dibutuhkan di masa depan seperti dana pendidikan, pernikahan, pensiun dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Mulai Terapkan Parkir Nontunai, RSUP Dr Kariadi Gandeng DOKU

4. Monefy

Keunggulan utama dari Monefy adalah kalian bisa membuat beberapa akun yang berbeda yang bisa kalian sesuaikan dengan tujuan kalian. Jika kalian menggunakan versi berbayar, maka akan disediakan fitur yang disinkronkan ke Google Drive, sehingga pasangan anda tahu kemana uang digunakan.

5. Money manager expense & budgeting

Selanjutnya ada Money Manager Expense & Budgeting, aplikasi ini memungkinkan kalian mendata setiap transaksi harian yang dikeluarkan. Hutang, penggunaan kartu kredit semuanya dapat kalian catat di aplikasi satu ini.

6. Money lover

Money lover memungkinkan kalian untuk membagi pengeluaran berdasarkan kategori kebutuhan. Dengan begitu kalian bisa mengetahui kategori pengeluaran apa yang paling besar setiap bulannya. Otomatis mengatur keuangan pun menjadi lebih mudah dan impian menjadi kaya bukanlah angan-angan lagi.

7. Mint

Keunggulan utama yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah fitur reminder. Fitur reminder akan mengirimkan pemberitahuan setiap bulannya jika kalian ada tagihan yang belum dibayarkan seperti tagihan listrik, air, kredit dan masih banyak lagi. Cocok sekali digunakan untuk orang yang sibuk. Mint juga memberikan fitur rencana penghematan agar aktivitas menabung kalian bisa lebih efektif.

8. Wally

Kalian tidak suka mengetik? Maka Wally pasti cocok untuk kalian jika ada transaksi keluar kalian cukup foto struk dan secara otomatis transaksi akan tercatat di aplikasi Wally. Cocok sekali bagi kalian yang ingin keuangan teratur dan tidak suka mengetik.

9. Andromoney

Satu lagi aplikasi keuangan yang masuk daftar terbaik dan terpopuler di tahun 2021 ada Andromoney. Disini kalian bisa memasukkan pengeluaran dan pemasukan bulanan dengan mudah karena tampilannya yang mudah dimengerti. Pengeluaran juga bisa dibagi-bagi menjadi beberapa kategori berbeda loh!

5 Tips Memilih Aplikasi keuangan perusahaan Untuk Bisnis Kamu

Kamu pernah merasakan kesulitan dalam mengelola keuangan usaha? Atau pernah merasa ribet mengurus dokumen yang berkaitan dengan keuangan seperti faktur, kwitansi, dan lainnya?

Tenang aja, kamu nggak perlu khawatir untuk buat pembukuan keuangan sebab kamu tidak harus memasukkan data secara manual lagi. Apalagi sekarang teknologi semakin canggih, kamu udah bisa dapatkan laporan keuangan bisnis secara otomatis hanya melalui aplikasi akuntansi terbaik.

Tapi nggak semua aplikasi keuangan perusahaan menyediakan fitur yang dapat membantu semua pengelolaan bisnis kamu.

Sebelum kamu memutuskan menerapkan aplikasi akuntasi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan nih.

Mau tahu apa aja? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini sampai selesai ya.

  1. Fitur Disesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Saat kamu memutuskan untuk memakai aplikasi keuangan perusahaan, salah satu cara memilih aplikasi yang tepat dengan melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya yang kamu butuhkan tidak hanya laporan keuangan melainkan sampai ke persediaan barang.

Baca juga:  Seruan Boikot Perancis, Umat Islam Jangan Sampai Jadi Alat Bentur

Nah, kamu bisa memilih aplikasi pembukuan yang menyediakan fitur tersebut. Atau kamu punya banyak toko di marketplace dan nggak mau ribet menyusun laporan pembukuannya secara manual. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang terhubung ke dalam sistem omnichannel.

  1. Kemudahan Penggunaan Aplikasi

Siapa sih yang mau memakai aplikasi keuangan perusahaan yang sulit digunakan ? Pastinya semua orang juga enggak mau, apalagi kalau awalnya mereka merasa kesulitan dalam menyusun pembukuan tersebut.

Karena masih dilakukan secara manual, maka dari itu kamu harus beralih ke aplikasi keuangan perusahaan yang mudah dipakai. Sebab, kamu pasti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari aplikasi akunting.

Untuk itu, kamu bisa mencari aplikasi yang menurut kamu mudah digunakan dan dapat kamu mengerti cara penggunaannya.

  1. Sesuaikan Budget

Ketika kamu sudah menyesuaikan fitur yang dibutuhkan oleh bisnis, selanjutnya kamu juga harus sesuaikan dengan ketersediaan budget.

Kamu pasti mesti membandingkan antara beberapa aplikasi, untuk mencari kelebihan maupun kekurangan dari aplikasi tersebut. Mulai dari segi harga hingga fitur-fitur aplikasi yang disediakan pada aplikasi akunting. Sebab, dalam pemilihan aplikasi keuangan perusahaan yang tepat dapat mempengaruhi kinerja usaha. Selain itu, kamu juga bisa menentukan strategi yang akan diterapkan kedepannya agar lebih maksimal.

  1. Aplikasi Berbasis Cloud System

Dengan menggunakan cloud system aplikasi keuangan perusahaan dapat dikelola melalui beberapa alat sekaligus. Kamu bisa mengakses semua laporan keuangan hanya memakai laptop maupun smartphone secara bersamaan.

Maka dari itu, kamu bisa mengakses pembukuan dimana pun dan kapan pun. Aplikasi keuangan perusahaan tentunya harus memberikan kenyamanan bagi penggunanya di segala situasi.

  1. Cari yang Terintegrasi Dengan Omnichannel

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dimana sebelum kamu memutuskan menggunakan aplikasi keuangan perusahaan terbaik. Salah satu yang harus kamu pertimbangkan adalah aplikasi keuangan perusahaan terhubung dengan sistem omnichannel.

Kamu bisa coba aplikasi keuangan perusahaan Jurnal by Mekari, karena sudah termasuk ke sistem omnichannel. Apalagi kalau kamu jualan secara offline dan online pastinya dengan terintegrasi sistem omnichannel kamu lebih mudah mengelola laporan keuangan.

Dengan Jurnal by Mekari, semua channel penjualan kamu sudah terintegrasi ke dalam satu sistem. Jadi, kamu bisa mengelolanya secara bersamaan.

Bukan hanya menyusun pembukuan saja, kamu udah bisa mengelola persediaan stok barang, laporan penjual, hingga sistem manajemen gudang atau warehouse management system (WMS). (web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya