alexametrics

Unika Soegijapranata Semarang Gelar Wisuda Offline 100 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata menggelar wisuda perdana secara offline. Kali ini 100 persen wisudawan mengikuti secara langsung proses wisuda di Kampus Bendan Duwur, Sabtu (18/6).

Rektor Unika Soegijapranata Ferdinandus Hindiarto mengatakan wisuda periode kedua ini dilakukan secara tatap muka selama pandemi covid-19. Sebelumnya Unika Soegijapranata telah menggelar wisuda periode pertama secara hybrid.“Ini wisuda tatap muka pertama yang diikuti seluruh wisudawan,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia menambahkan ada 196 wisudawan dari berbagai jenjang. Baik itu sarjana, magister, dan profesi. Wisudawan juga dituntut untuk memberikan gebrakan dalam bekerja dan berwirausaha di era digital ini.

Dihadapan wisudawan Rektor menyampaikan tiga pesan penting yang harus dimiliki alumni Unika. Seperti mengelola diri sendiri, mengelola relasi, dan mengelola tugas. Situasi ke depan semakin sulit. Tantangan semakin berat. Pengelolaan terhadap tiga hal ini diperlukan agar lulusan Unika bisa bersaing dengan dunia kerja yang kompetitif.

Baca juga:  MURI Serahkan Dua Rekor Donor Darah Untuk Komunitas Indonesia Timur

“Dari ketiga hal ini yang paling sulit adalah mengelola diri sendiri. Karena berkaitan dengan kejujuran dan kedisiplinan,” tambahnya.

Menurutnya kedisiplinan pada waktu, menaati aturan, serta pengelolaan integritas pada diri sendiri menjadi prioritas utama. Selama perkuliahan, pihaknya telah melatih mahasiswa untuk mempunya integritas yang tinggi.

“Mahasiswa disini dituntut untuk mempunyai integritas tinggi. Jadi ketika mereka membuat sesuatu itu harus perfect. Misalnya saat mengerjakan tugas akhir harus dicek plagiarisme pakai Turnitin dan sebagainya,” akunya.

Baginya lulusan harus mempunyai standar personal yang tinggi. Selain itu dalam mengelola tugas mahasiswa juga di gembleng melalui program praktikum dan magang. Sementara mengenai relasi merupakan kekayaan nomor dua dalam hidup.

Baca juga:  Yuk Intip Keunggulan POCO X Series!

“Dengan banyak relasi permasalahn hidup itu bisa terselesaikan dengan mudah. Jadi wisudawan juga harus mencari dan menjaga relasinya dengan baik,” pungkasnya. (kap/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya