alexametrics

Mas Bram Ajak Anak Bangsa Perkuat Persatuan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid Anggota Komisi 10 DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Bramantyo Suwondo M. M.IR. menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR RI yakni Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan berlangsung di Aula Pertemuan Rumah Makan H Dargo, Purworejo Selasa (31/5).

Dalam paparannya, Mas Bram, sapaan akrab Bramantyo Suwondo, menjelaskan tentang nasionalisme di tengah-tengah tantangan dunia global dan di kalangan generasi milenial. Ia menyoroti terjadinya polarisasi politik, imbas dari pemilu yang sampai hari ini belum mereda, bahkan ada kecenderungan menjadi polarisasi sosial di masyarakat.

“Saling hujat, saling membenci dan serang di dunia maya ataupun di kehidupan sehari-hari sudah dalam tahap memprihatinkan, jauh dari karakter dan ajaran nilai-nilai Pancasila,” jelas wakil rakyat dari Dapil Jateng 6 (Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Purworejo, Wonosobo, Temanggung) ini.

Baca juga:  Golf Friendship and Charity Tournament Berhadiah Mobil dan Rumah Meriahkan District Conference

Mas Bram mengingatkan pentingnya untuk terus menghidupkan nilai-nilai Pancasila, kebhinnekaan dan nasionalisme untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa. Tantangan kebangsaan ke depan akan semakin berat dan kompleks, baik secara ekonomi, geo politik global, demokrasi, supremasi hukum, belum tercapainya keadilan dan kesejahteraan, hal ini adalah pekerjaan besar segenap anak bangsa.

Mas Bram menegaskan bahwa nasionalisme tidak boleh usang, harus terus dikuatkan jangan sampai kedaluwarsa (outdated). Dalam konteks kekinian, karakter nasionalisme dapat diimplementasikan dalam bentuk mencintai negara dengan menjauhi fanatisme terhadap suku, agama, ras, kelompok. Berpartisipasi dalam pembangunan dengan cara meningkatkan prestasi, terbuka terhadap pembaharuan dan perubahan serta siap berkompetisi, menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain yang sejalan dengan cita-cita dan tujuan nasional.

Baca juga:  Jual Miras Berkedok Warung Jajanan

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Magelang ini mengajak para peserta Sosialisasi 4 Pilar MPR RI untuk bersama-sama turut menyampaikan apa yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini kepada lingkungan sekitarnya. Harapannya agar nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari hal-hal kecil seperti menjaga kebersihan, taat aturan, patuh pada ajaran agama, dan seterusnya. “Praktek atau pengamalan seperti ini diharapkan dapat membentuk karakter warga negara yang memiliki jiwa nasionalisme Pancasila,” jelasnya. (put/adv/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya