alexametrics

Rizhan Sukses Lunasi Utang Rp 2 Miliar dalam Waktu Kurang dari 3 Bulan dengan Bisnis Herbal Online

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Di tengah krisis ekonomi dan banyaknya PHK karena pandemi, Rizhan enterpreneur muda berhasil bangun berbagai macam brand online dan hasilkan omzet miliaran Rupiah dalam waktu cepat. Serta sempat membeli klub basket profesional Bima Sakti Yogyakarta dalam usia yang kurang dari 30 tahun.

Menurutnya, memulai bisnis tersebut karena terpaksa. Di saat umur Rizhan 23 tahun sudah punya beban utang hampir Rp 2 miliar lebih. Dan harus membayar bunga belasan juta tiap bulan.

Karena putus kuliah dari FE Universitas Airlangga Surabaya dan tidak ada pekerjaan dengan imbalan gaji 2 digit untuk anak lulusan SMA, pilihannya, Rizhan terpaksa harus berjuang hidup menjadi pengusaha. Apa aja diusahakan. Selama 3 tahun dia mencoba berbagai macam bisnis offline yang menurutnya masuk akal untuk membayar utangnya.

Baca juga:  Berkat Transformasi, Jasa Raharja Sabet Top BUMN Awards 2021

Waktu itu peluang paling besar menurut Rizhan adalah kontraktor karena untuk mendapatkan omset besar cukup 2-3 proyek dan ada down payment. Tapi setiap proyek selalu tertipu entah ditipu mandor atau tukang bahkan partner-partner pelaksana. “Jangkrik,” gerutunya kesal, saat setelah ditipu rekanan.

Akhirnya di tahun 2018 dia melihat di YouTube belajar menjual produk dari e-commerce china aliexpress dan menjualnya ke luar negeri. Rizhan belajar otodidak mulai dari membuat website sendiri, mendesain iklan video hingga mengiklankannya menggunakan facebook ads.

Di awal, menurut dia, hasilnya menguntungkan, tapi cuma laku 3-5 pcs sehari. Karena kondisi utang yang harus segera diselesaikan, yang memaksanya harus bekerja keras, Rizhan tak tidur berhari-hari. Dia bisa menghabiskan 10-12 jam sehari di depan komputer belajar digital marketing setiap hari.

Baca juga:  PKS Semarang Gelar Kenduri dan Serap Aspirasi Bersama Puluhan Nelayan Pesisir Utara Jawa

Akhirnya di tahun 2019 Rizhan membuat brand Madu Diet Organibee bersama rekannya dan dengan skill digital marketing, Rizhan bisa menjual 100.000 lebih kurang dari 3 bulan. Dan dari inilah, Rizhan berhasil melunasi utangnya. Tidak hanya itu sekarang dia bisa membuat brand online apapun dan bisa membesarkan sebuah perusahaan mendapatkan omset besar dalam waktu singkat!

Sekarang dia akan membantu mengajarkan kepada orang-orang bagaimana bisa sukses di dunia digital seperti sekarang ini dengan memanfaatkan social media sebagai senjata utama! Dan target Rizhan adalah menjadi digital marketer nomor 1 di Indonesia. (lis/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya