alexametrics

Pacu UMKM Go Digital, Tokopedia Gelar Pelatihan untuk UMKM di Surabaya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Tokopedia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Surabaya menyelenggarakan beragam topik Kelas Maju Digital bagi para pelaku UMKM, pemilik warung hingga toko kelontong untuk bisa naik kelas. Kegiatan ini bagian dari HUT Kota Surabaya ke-729 dan digelar pada 18-20 Mei 2022.

Acara ini dibuka oleh Rini Indriyani selaku Ketua Dekranasda Kota Surabaya didampingi oleh Fauzie Mustaqiem Yos selaku Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya.

“Sebagai platform digital yang terus berkomitmen memajukan UMKM lokal dan mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhannya, Tokopedia terus berinovasi menghadirkan berbagai inisiatif dalam bentuk kolaborasi dengan pemerintah maupun dalam bentuk berbagai program-program dan kampanye yang sedang dan akan berjalan. Kami berharap melalui ini, Tokopedia dapat secara aktif mendukung serta memajukan ekonomi dan UMKM di Kota Surabaya,” kata Emmiryzan, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Senin (23/5).

Baca juga:  Catatkan Pertumbuhan Signifikan, PT BKK Jateng Siap Bertransformasi Jadi BPR Digital

Sementara itu, Walikota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, UMKM memiliki peranan yang sangat signifikan dalam menggerakan perekonomian di kota Surabaya. Maka dari itu, penting bagi semua UMKM di kota pahlawan untuk bangkit kembali di masa pandemi Covid-19 yang mulai melandai.

“Untuk mendukung para UMKM dan mendorong pemulihan ekonomi lokal, kolaborasi pemerintah dengan berbagai pihak seperti Tokopedia dirasa sangatlah penting,” kata Eri.

Beberapa inisiatif sudah dijalankan Tokopedia, seperti melakukan pelatihan Mitra Tokopedia warung dan toko kelontong E-Peken. E-Peken merupakan aplikasi platform berbasis web mobile yang menghadirkan produk UMKM maupun toko kelontong untuk memudahkan masyarakat berbelanja kebutuhan pokok.

Berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya, Tokopedia mengajak para pemilik warung dan Toko Kelontong merchant E-Peken untuk bisa bergabung menjadi Mitra Tokopedia, sebuah aplikasi yang diciptakan untuk pemilik toko, warung, dan individu-individu yang ingin menambah pendapatan dengan berjualan.

Baca juga:  Sekjen PPP Silaturrahmi ke Ketum PBNU, Begini Pesannya

Melalui aplikasi Mitra Tokopedia, pemilik warung bisa menyetok barang dagangan dengan lebih cepat dan efisien hanya lewat genggaman tangan, serta berjualan produk digital seperti pulsa, paket data, token dan listrik, pembayaran PDAM, BPJS, uang sekolah dan kuliah dan masih banyak lagi.

Selain itu, Tokopedia juga memberikan pelatihan Literasi Keuangan Digital tentang Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, dan Akuntansi Sederhana kepada UMKM Kota Surabaya yang dilaksanakan di Gedung Siola pada tanggal 18 Mei 2022.

Melalui pelatihan diharapkan wawasan serta pemanfaatan teknologi finansial bagi para UMKM dapat lebih meningkat di masa depan. Tokopedia secara konsisten terus berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk mendorong pelaku UMKM untuk dapat bertumbuh dan memanfaatkan platform Tokopedia. Melalui kampanye Yang Lokal Yang Juara Tokopedia terus mengedepankan produk lokal agar dapat menjadi raja di negeri sendiri.

Baca juga:  Unissula Semarang Sukses Raih Akreditasi Unggul

Selain itu, melalui inisiatif hyperlocal, Tokopedia juga berkomitmen untuk dapat mempermudah masyarakat Kota Surabaya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, meningkatkan penjualan produk UMKM asal Kota Surabaya, serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi di Kota Surabaya yang terdampak pandemi. (web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya