alexametrics

Sambangi Lapas Ambarawa, Irjen Kemenkumham Sarankan Sertifikat Halal MUI

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ambarawa – Irjen Kementerian Hukum dan HAM melakukan tinjauan dan kunjungan di Lapas Kelas II Ambarawa. Dalam kunjungannya tersebut ia menilik beberapa ruangan di lapas salah satunya dapur lapas.

Kedatangan Inspektur Jendral Kemenkumkam, Ir Razilu M.Si disambut dengan yel-yel dari jajaran lapas yang dipimpin langsung oleh Kalapas Ambarawa, Agus Heryanto. Selepas berbincang dengan kalapas, Razilu yang didampingi oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin beserta petinggi lainnya melaksanakan salat berjamaah dan pemberian tausiah bersama para warga binaan lapas Ambarawa.

Razilu mengatakan bahwa dirinya memang suka melakukan perjalanan untuk melihat kondisi dan suasana rutan dan lapas yang ada di Indonesia terutama di Lapas Kelas II Ambarawa. “Alhamdulillah warga binaan lapas dapat mengikuti kegiatan pembinaan kerohanian dan kepribadian dengan baik,” ungkapnya saat ditemui oleh Jawa Pos Radar Semarang.

Ia berharap dengan adanya kegiatan pembinaan kerohanian dan kepribadiaan yang ada di Lapas Ambarawa bisa membuat warga binaan sadar apa yang dilakukannya di masa lalu adalah perbuatan yang tidak tepat. Selain itu warga binaan diharapkan bisa mengambil langkah-langkah yang tepat agar perbuatan di masa lalu tidak terulang kembali.

Baca juga:  Dapat Remisi Idul Fitri, Empat Napi Lapas Ambarawa Langsung Bebas

“Hal itu juga sejalan dengan Catur Dharma Warga Binaan,” katanya.

Setelah melaksanakan salat dzuhur berjamaah dan pemberian tausiah pada warga binaan. Razilu yang ditemani oleh kalapas meninjau pelayanan publik yang ada di lapas. Salah satunya adalah dapur. Ia mengapresiasi baik kondisi dapur yang bersih dan rapi serta terdapat sertifikat higienis. Hal tersebut dinilai menjadi syarat penting supaya makanan yang diberikan pada warga binaan tidak menimbulkan penyakit baru.

Selain itu di dapur Lapas Ambarawa juga terdapat sertifikat penjamah makanan. Dimana sertifikasi tersebut sangat penting karena harus ada orang yang menjamah makanan tresebut terlebih dahulu sebelum diberikan pada para warga binaan.

“Satu lagi yang saya sarankan untuk Lapas Ambarawa. Yakni bisa mendapatkan sertifikat halah dari MUI,” ucapnya.

Baca juga:  Di Tengah Pandemi, BRI Mencatatkan 5,7 Miliar Transaksi e-Channel Selama Triwulan II 2021

Razilu menilai bahwa hampir seluruh lapas yang ada di Jawa Tengah termasuk di Ambarawa telah mengambil langkah-langkah yang tepat untuk bisa memberikan kenyamanan bagi para warga binaan. Disela-sela kunjungan di blok-blok hunian, Razilu memberikan motivasi bagi warga binaan yang ada agar senantiasa membina jiwa agar terasa nyaman. Karena hal tersebut penting untuk menjalani kehidupan di lapas.

“Saya doakan lapas ini menjadi lapas yang bia memberikan fungsi tugas sebaik-baiknya. Sehingga warga binaan kelak akan menjadi orang yang bisa diterima lagi di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kalapas Ambarawa, Agus Heryanto mengatakan dengan adanya kunjungan dari Irjen Kemenkumham RI bisa membuat motivasi bagi jajaran petugas lapas untuk selalu melakukan kinerja yang lebih baik lagi. Pihaknya juga akan segera menindaklanjuti apa yang menjadi saran dari Inspektur Jendral terkait dengan pengadaan sertifikat halal dari MUI.

Baca juga:  Kemenkes Gandeng GSK Indonesia Ajak Keluarga Lengkapi Imunisasi Anak

“Kami dan jajaran akan segera menindaklanjuti apa yang disarankan oleh pak Irjen. Dan selalu mengingat pesan beliau untuk selalu dijaga dan dipertahankan baik kinerja maupun langkah-langkah untuk warga binaan,” ujarnya.

Agus mengatakan implementasi dapur yang bersih serta para pegelola kantin dan pegelola dapur bagi warag binaan yang memakai kostum yang rapi. Hal tersebut menurutnya tidak dilakukan dengan sembarangan karena untuk menjaga kualitas dan kuantitas pengolahan makanan yang akan di sajikan pada para warga binaan dan narapidana. (nun/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya