alexametrics

Kemenkumham Jateng Ajak UMK Kota Pekalongan Daftarkan Perseroan Perorangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin mengajak seluruh pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) untuk memanfaatkan aplikasi pendaftaran perseroan perorangan.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Layanan Pendaftaran Perseroan Perorangan yang memenuhi kriteria untuk UMK kepada para pelaku UMK se Kota Pekalongan di Function Room Hotel Dafam Pekalongan.

“Perseroan perorangan adalah terobosan untuk memajukaan UMK diseluruh tanah air, ” ujar Yuspahruddin.

Hal tersebut berpacu pada konsep badan hukum Perseroan Perseorangan yang masih satu-satunya di dunia hingga saat ini. Berbeda dengan pendirian perseroan pada umumnya, peseroan perorangan dapat didirikan oleh 1 orang.

Pada kesempatan tersebut, Yuspahruddin mengingatkan para pelaku UMK untuk membuat laporan keuangan teratur dan mendaftatkan merek dagang/jasanya.

Baca juga:  Cepat dan Mudah, Begini Layanan Pewarganegaraan Bagi Anak Hasil Perkawinan Campuran

“Selain mendaftarkan perseroan perorangan, mari daftarkan merek Bapak/Ibu agar terlindungi,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, pendirian perseroan perorangan sangat mudah. Dapat didirikan oleh 1 orang dengan mendaftarkan surat pernyataan pendirian, tanpa akta notaris dan tanpa batas minimal modal dasar serta cukup membayar biaya pendaftaran pendirian sebesar Rp 50.000.

Selanjutnya pemilik UMK akan memperoleh sertifikat pendaftaran pendirian perseroan perorangan secara elektronik yang dapat diunduh secara mandiri dimana saja dan kapan saja. Sertifikat tersebut merupakan bukti bahwa UMK telah menjadi perseroan perorangan.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi para pelaku UMK, Notaris, dan Bankir. Sementara narasumber antara lain Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan, Beno Hartono,Penyuluh Hukum Ahli Muda, Lily Mufidah Asisten PH Mahir KPP Pekalongan, Farid Azi dan Direktorat TI Ditjen AHU, Sub Koordinator Pengembangan Aplikasi, Nanda Zannibua memberi materi secara daring. (ifa/web/bas)

Baca juga:  Kesetaraan Gender akan Meningkatkan Kinerja BRI dan UMKM Indonesia

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya