alexametrics

Dua Siswa SMP Negeri 1 Tengaran Sabet Prestasi di Kejuaraan Atletik dan Pencak Silat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Meraih prestasi merupakan salah satu impian para siswa dan siswi selama bersekolah. Hal itu tentunya dirasakan oleh dua siswa SMP Negeri 1 Tengaran yang berhasil nemperoleh prestasi di masing- masing bidangnya.

Mereka adalah Akbar Ardana Mario Sheva dan Tasya Aulia Syifa. Akbar merupakan siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Tengaran berhasil menyabet juara dua dalam ajang Kejuaran Atletik Kelompok Umur Terbuka Tingkat Jawa Tengah.

Remaja asal Ngadirojo ini awalnya tidak langsung terjun ke dunia atletik. Semasa di MI (Madradah Ibtidaiyah) ia sering mengikuti lomba olahraga yaitu sepakbola. Namun dalam dunia sepakbola yang paling diperlukan adalah kerja sama tim. Akbar kemudian ingin mencoba hal yang baru dan yang bisa dicapai oleh dirinya sendiri.

“Pengen coba yang baru. Kemudian ikut atletik cabang lari. Itu saja waktu pertama ikut selang seminggu langsung ikut lomba,” ungkap Akbar pada Jawa Pos Radar Semarang.

Akbar menceritakan awal-awal ia ikut latihan lari selama dua sampai tiga bulan terasa berat. Pasalnya ia sehari dalam latihan fisik bisa menempuh jarak lari hingga 15 kilometer. Dengan beratnya latihan yang ia jalani, sempat terbesit untuk menyerah. Namun tidak ia lakukan karena masih banyak yang mendukungnya.

Baca juga:  Bersama Habib Syech, Hendi Pesan Jaga Kondusifitas Bangsa

“Dari teman-teman, senior serta pelatih selalu memberi semangat dan motivasi saat kita down,” katanya.

Kedepannya,  Akbar akan terus meningkatkan latihan serta fisiknya. Untuk mempersiapkan perlombaan yang akan datang seperti Popda (Pekan Olahraga Pelajar Dearah) dan Porprov (Pekan Olahraga Provinsi). “Targetnya sudah pasti dapat juara dan melampaui hasil yang lalu-lalu,” tegasnya.

Sementara itu, Tasya Aulia Syifa siswi kelas 9 yang saat ini sedang mengikuti ujian sekolah masih tetap fokus di dunia pencak silat. Setalah mendapatkan juara pertama dalam ajang Pekalongan Pencak Silat Open Championship 2022 di kelas tanding putri. Dirinya tidak menyangka bisa menyabet juara pertama karena itu merupakan perlombaan pertama baginya.

Baca juga:  Epson Luncurkan Proyektor Home Theatre Laser 4K, Hadirkan Pengalaman Nonton Bioskop di Rumah

“Saya ikut pencak silat kan awal masuk SMP. Tapi selama tiga tahun baru kali ini ada perlombaan,” ungkapnya.

Setelah ia ikut ekstrakulikuler pencak silat di SMP Negeri 1 Tengaran. Tasya kemudian ikut bergabung dengan salah satu padepokan pencak silat yang ada di Salatiga. Banyak program dan try out yang ia dapatkan dari padepokan tersebut.

Tasya mengatakan tidak mengalami demam panggung dalam perlombaan perdananya. Dikarenakan selama latihan ia sering bertanding dengan  sesama anggota padepokan bahkan dengan anggora yang umurnya diatasnya. “Karena sudah terbiasa sih mas,” katanya.

Tasya mengatakan selama pertandingan berlangsung ia sering memainkan mental lawan. Itu yang menjadi starteginya dalam bertanding. Tak jarang pun sang pelatih memberi arahan pada dirinya untuk tetap fokus.

Baca juga:  Perkokoh Sinergi, Semen Gresik Gelar Silaturahmi dengan Pimpinan Media Se-Jawa Tengah

Di sisi lain, Muh Musi’in, Kepala SMP Negeri 1 Tengaran mengatakan pihak sekolah akan selalu memberikan dukungan penuh untuk para siswa. Tidak hanya dalam bentuk uang, penyediaam fasilitas hingga pemenuhan gizi bagi para siswa yang berkompetisi.

“Walaupun tidak dalam kurun waktu yang lama. Termasuk dalam hal akademik. Saya meminta pada bapak ibu guru khusus untuk anak-anak yang mengikuti lomba diberi kelonggaran waktu, ” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa SMP Negeri 1 Tengaran akan selalu membangkitkan semangat anak untuk berprestasi baik dari sisi akademik maupun non akademik. (cr5/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya