alexametrics

8 Manfaat Menggunakan e billing online Secara Umum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Ada banyak manfaat menggunakan e billing online yang bisa didapatkan jika memang menggunakan layanan ini. Di masa sekarang ini memang proses pembayaran pajak bisa dilakukan dengan lebih mudah. Bukan hanya itu saja namun proses penyetoran SPT juga bisa dilakukan dengan mudah juga.

Hal ini karena Anda kini bisa menggunakan layanan e billing yang bisa diakses secara online. Anda bisa mengakses layanan dari perangkat mana saja. Mulai dari perangkat komputer sampai dengan laptop dan bahkan juga bisa smartphone. Anda bisa menggunakan e billing online dari media perangkat pilihan.

Tentunya segala kemudahan terkait dengan pajak menjadi lebih optimal. Karena itu kehadiran e billing online memberikan banyak manfaat terutama bagi para wajib pajak. Adapun berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari layanan tersebut misalnya seperti berikut ini.

Memudahkan wajib pajak

Diterbitkannya layanan e billing online tepatnya oleh petinggi pajak merupakan suatu hal yang dismbut baik. Sebab hadirnya hal yang satu ini membuat para wajib pajak jadi lebih mudah dalam melakukan kewajibannya. Sehingga tentunya kewajiban membayar pajak bisa dilakukan dengan mudah dan sangat cepat.

Proses operasionalnya dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik saja. Aksesnya tak membutuhkan waktu lama dan proses yang panjang. Maka sudah pasti proses penyetoran SPT dan juga pembayaran pajak bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan. Terlebih lagi dengan adanya kemudahan yang timbul karena adanya e billing. Kini wajib pajak bisa melakukan proses penyetoran SPT dan pembayaran pajak kapan saja.

Cenderung lebih praktis

Setiap kemudahan yang diadapatkan dalam menggunakan layanan e billing tentunya tidak luput dari sistemnya yang praktis. Bayangkan saja sekarang ini wajib pajak bisa memenuhi kewajiban pajaknya hanya dengan sistem online. Wajib pajak tidak perlu bersusah payah lagi datang ke KPP atau Kantor Pelayanan Pajak.

Baca juga:  Terapkan Pola Penganggaran yang Mengutamakan Penguatan Masyarakat

Selain itu wajib pajak tak perlu meninggalkan rumah atau tempat kerjanya hanya demi hadir di KPP untuk menuntaskan kewajibannya. Mereka tidak lagi perlu antri untuk melaporkan SPT serta membayar pajak. Apa yang harus dilakukannya di KPP ini kini bisa dilakukan dengan praktis via penggunaan e billing online. Bukan hanya caranya yang mudah, namun proses mengoperasikan layanan ini sangat cepat.

Bersifat real time

Penggunaan e billing online pada dasarnya juga memberikan manfaat lebih yaitu dalam hal keakuratan data. Jika memang proses pembayaran pajak menggunakan e billing maka Anda tak perlu khawatir akan adanya kesalahan. Sebab seluruh data Anda saat menggunakan layanan ini akan tersimpan secara otomatis.

Selain itu proses penyimpanan data ini terjadi seketika itu juga. Tepatnya saat Anda sedang mengoperasikan layanan online yang berkaitan dengan pajak ini. Dengan kata lain sistem e billing online ini cenderung bersifat real time. Jadi data transaksi yang diisikan pada saat proses pembayaran pajak akan terekam secara langsung pada sistem milik DJP.

Keamanan data terjamin

Sifat penyimpanan data pada e billing online yang terjadi secara real time memiliki kelebihan lain. Kelebihan yang dimaksud dalam hal ini adalah terhindarnya resiko kehilangan data. Jadi saat Anda telah menginput data berkaitan dengan pajak maka data terekam saat itu juga.

Dalam hal ini resiko terjadinya kehilangan data sangatlah kecil. Anda bahkan tak perlu khawatir kehilangan data pajak yang telah dimasukkan. Bisa dibilang bahwa layanan e billing online ini cenderung menjamin keamanan data.

Dengan sistem online yang optimal, maka seluruh data yang telah diinput pasti tersimpan di kantor pajak. Bukan hanya itu saja, namun juga keakuratan data sudah pasti bisa dijamin dan tak perlu diragukan.

Baca juga:  Apresiasi Loyalitas Nasabah Selama Pandemi, BRI Kembali Gelar BritAma FSTVL

Meminimalisir kesalahan

Seperti yang telah digambarkan sebelumnya bahwa layanan e billing online ini cenderung aman. Hal ini berkaitan dengan tingkat keamanan data yang tinggi. Bahkan seluruh data dapat tersimpan secara real time.

Sudah pasti data yang tersimpan bebas dari kesalahan. Maka bisa dibilang bahwa data pajak Anda aman dan jauh dari segala macam kesalahan. Oleh karena itu layanan e billing online ini dinilai dapat meminimalisir kesalahan.

Di sisi lain, hal ini menguntungkan bagi banyak pihak. Termasuk bagi pihak kantor pajak maupun bagi wajib pajak. Sebab kesalahan hanya berpeluang kecil untuk terjadi. Dengan adanya layanan e billing ini maka kini Anda tak perlu ragu untuk membayar pajak.

Memberikan bukti yang sah

Seringkali bukti atau resi pembayaran atas tagihan tertentu hilang. Sekalipun sudah disimpan bisa saja bukti fisik ini terselip dan hilang. Namun dengan adanya sistem pembayaran online maka bukti pembayaran pajak bisa lebih aman.

Anda kini tak perlu takut dan khawatir akan kehilangan bukti pembayaran pajak. Sebab bukti pembayaran pajak online bisa disimpan dimana saja. Anda bisa mencetaknya untuk menjadikannya bukti fisik lalu menyimpannya. Atau Anda juga bisa menyimpan bukti pembayaran ini pada perangkat yang digunakan.

Lebih canggih lagi Anda bisa menyimpannya di sistem cloud yang Anda gunakan. Nantinya bukti yang disimpan ini bisa menjadi tanda khusus bahwa Anda sudah membayar pajak. Tentu saja bukti pembayaran pajak ini sah dan diakui oleh negara.

Adanya fitur lengkap

Satu hal yang perlu diketahui oeh Anda sekalian mengenai e billing online yaitu fiturnya yang lengkap. Ada beberapa jenis fitur yang ditawarkan oleh sistem online tersebut. Sebut saja mulai dari e-Faktur dan e-Bupot serta e-Filing. Semua fitur ini tersedia dan dapat difungsikan dengan sangat baik oelh para wajib pajak.

Baca juga:  Buka Pasar Baru, Kemendag Ekspor Cangkang Sawit USD 12 Juta ke Jepang

Adanya seluruh fitur ini bahkan bisa memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran pajak. Seperti misalnya melakukan pembayaran PPh atau PPN yang terutang. Selain itu kehadiran seluruh fitur ini biasanya ada dalam satu platform. Berkat berbagai macam fitur yang lengkap dari e billing, tentunya akan sangat membantu Anda untuk melakukan proses pembayaran pajak secara online.

Sistem update

Di masa kini memang seluruh media digital semakin berkembang dengan baik. Layanan internet juga turut berkembang sejalan dengan perkembangan zaman. Demikian pula dengan seluruh aktivitas terkait perpajakan yang ada di masyarakat. Bidang perpajakan kini turut menggunakan layanan online sehingga layanannya bisa semakin berkembang.

Sistem layanan online yang diterbitkan oleh kantor pajak menjadi sistem update. Tentu saja hal ini bisa diterima dnegan baik oleh seluruh kalangan. Sebab sistem yang update ini dapat membantu siapapun dalam melakukan pembayaran pajak secara mudah. Kewajiban mengenai pajak yang menjadi tanggungan masyarakat semakin praktis untuk dipenuhi dengan hadirnya e billing online.

Manfaat menggunakan e billing online di atas sudah pasti bisa Anda dapatkan. Saat Anda mengakses fasilitas yang satu ini, maka segala manfaatnya bisa Anda rasakan dengan segera. Terutama di masa sekarang yang dipenuhi dengan akses oleh media digital termasuk pula dalam hal perpajakan. Tentunya layanan yang satu ini dinilai tepat untuk diterapkan di tengah masyarakat masa kini yang makin dekat dengan teknologi.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya