alexametrics

Pesanan Online Tumbuh Pesat di Momen Ramadan, UMKM Perlu Lakukan Ini

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Masyarakat muslim di seluruh dunia tengah bersiap-siap memasuki Bulan Suci Ramadan. Banyak hal dilakukan, mengikuti tradisi dan kebiasaan di masing-masing wilayah, termasuk di Indonesia yang biasanya jelang Ramadan, masyarakat banyak berbelanja mempersiapkan kebutuhan selama Bulan Suci sampai Lebaran Idul Fitri.

Karena demand yang tinggi, beberapa barang kebutuhan jelang Ramadan banyak dicari. Misalnya kategori Makanan dan Minuman, Kecantikan, Fesyen, Perawatan Diri, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi selama Bulan Suci.

Hal ini diungkapkan oleh AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho. Buat mitranya terutama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Trian menyebut kalau ada beberapa hal yamg perlu dipersiapkan mereka menyambut Bulan Suci Ramadan.

Tokopedia pun membagikan tips bagi para pegiat usaha terutama UMKM lokal agar bisa melakukan persiapan dengan lebih baik dalam menghadapi lonjakan permintaan menjelang Ramadan

Baca juga:  Sinergi Pemerintah Provinsi dan Kanwil BPN Akan Akselerasi Pembangunan Jabar

Pertama, gunakan ‘Dilayani Tokopedia’ dan jaringan ‘gudang pintar’. Dilayani Tokopedia dapat membantu penjual menjawab tantangan logistik antar pulau dengan lebih efisien. Layanan ini memungkinkan penjual menitipkan stok produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi.

“Melalui Dilayani Tokopedia, penjual bisa memberikan ongkos kirim Rp 0 se-Indonesia serta garansi barang tiba maksimal 4 jam untuk pengiriman dalam kota dan 48 jam di berbagai kota lainnya setelah pembayaran,” jelas Trian.

Kemudian, aktifkan Opsi Pengiriman Khusus Makanan – Menjelang Ramadan. Seperti sudah disinggung di atas, Tokopedia mencatat peningkatan transaksi hampers hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, dan hampers makanan menjadi yang paling populer.

Baca juga:  Realisasikan Program CSR, PT Jasa Raharja Bantu Renovasi Masjid Daruttaqwa

Jangan lupa juga untuk mengaktifkan pilihan pengiriman khusus untuk makanan ke luar kota. Pastikan pengemasan produk makanan kedap udara agar makanan tetap aman ketika sampai di pembeli.

Pesanan yang meningkat jelas membutuhkan tambahan modal. Hal imi tentu dirasakan betul hambatannya oleh para pelaku usaha kecil. Tenang, mereka bisa memanfaatkan Modal Toko. Lewat Modal Toko, penjual yang memenuhi persyaratan, bisa mendapatkan modal usaha tambahan untuk menunjang biaya operasional. Terdapat juga berbagai promo tertentu di Modal Toko yang berlaku selama Ramadan.

“Fasilitas pinjaman modal usaha ini menyediakan limit kredit yang fleksibel serta bisa ditarik kapan pun dan berapa pun sesuai kebutuhan. Selain itu, bunga pinjaman yang ditawarkan sangat terjangkau dan flat. Proses persetujuan pinjaman juga hanya dalam hitungan menit,” kata Trian.

Baca juga:  2.500 Nasabah PNM Mekaar Daftar NIB dan Facebook

Yang tak kalah penting juga adalah pelaku UMKM untuk senantiasa menambah wawasan. “Kami mengimbau para penjual untuk bergabung di komunitas penjual Keluarga Tokopedia agar bisa mendapatkan wawasan dari penjual lainnya,” saran Trian.

Tokopedia juga menghadirkan beragam materi edukasi di Pusat Edukasi Seller, termasuk kurikulum #SIAPRAMADAN 2022. Program ini menyediakan materi dengan berbagai tingkatan sesuai kebutuhan penjual, mulai dari tingkat beginner, intermediate, hingga advanced.

Terakhir, cermat gunakan kata kunci untuk menjangkau pembeli. Penjual dapat menggunakan fitur Wawasan Pasar untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori hingga inspirasi tren produk.

“Wawasan ini dapat membantu penjual berinovasi dari segi produk, misalnya dengan membuat paket bundling, agar dapat semakin mendongkrak penjualan menjelang dan selama Ramadan,” tutup Trian. (web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya