alexametrics

Lapas dan Rutan Mesti Lakukan Mitigasi Risiko sebelum Timbul Masalah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Mitigasi risiko penting dilakukan untuk meminimalisir adanya masalah, terutama di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan). Hal ini ditekankan Kakanwil Kemenkumham Jateng saat memberikan pengarahan Kepala UPT Pemasyarakatan di wilayah Eks-Karesidenan Pati dan Pekalongan, Selasa (8/3/2022).

“Saya minta anda sekalian segera mitigasi risiko, jangan kita menunggu ada kejadian baru kita selesaikan,” tegas Yuspahruddin.

Ia mengungkapkan, melalui Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dapat dilakukan mitigasi risiko terhadap lingkungan seperti kondisi tembok dan tempat pos. Juga memitigasi WBP yang berisiko menimbulkan masalah seperti pengendalian narkoba, hingga sinergi UPT dengan Forkopimda dan media.  “Bahkan pegawai yang bandel bisa dimitigasi, dan menjaga pergaulan dengan pemerintahan sekitar,” paparnya.

Baca juga:  Penuhi Kepastian Hukum Masyarakat, MPW Lakukan Pemeriksaan Notaris 

Yuspahruddin juga mengkaji potensi persoalan-persoalan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan tugas sebagai bagian dari mitigasi risiko. Kakanwil meminta seluruh jajarannya untuk tidak menyumbangkan permasalahan bagi Kemenkumham serta bekerja secara profesional.”Bila terjadi permasalahan segera lapor dan berkoordinasi dengan polisi dan wartawan,” pesan Kakanwil.

Selanjutnya, Yuspahruddin mengingatkan jajarannya untuk memperhatikan hak-hak warga binaan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 7 Tahun 2022 serta mempelajari Permenpan RB Nomor 90 Tahun 2021 untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik.

Ia menambahkan, penguatan SPIP ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pegawai sehingga dapat menghasilkan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap Peraturan Perundang-undangan. (ifa/web/bas)

Baca juga:  Langkah Mudah 3M Cegah Kerugian Akibat Covid-19

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya