alexametrics

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Koperasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Tim Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) periode IV Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mengadakan kegiatan di Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Januari lalu. Berupa pendampingan dan pelatihan mengenai laporan keuangan Koperasi Desa Wisata Candirejo. Koperasi yang diketuai Tatak Sariawan ini bertanggung jawab mengelola seluruh objek wisata di Desa Candirejo. Selain itu, menyediakan sembako untuk diperjualbelikan kepada warga.

Dalam penyusunan laporan keuangan sudah menggunakan sistem pembukuan terkomputerisasi. Namun, belum sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan tidak ada nomor akun yang membuat penyusunan laporan keuangan kurang efektif dan efisien.

Tim PPMT Unimma beranggotakan Luthfia Aurel Fadila (Akuntansi), Annisa Era Dwigianti (Akuntansi), Shania Pasha Indrayanti (Akuntansi), Inka Ayu Maulina (PGSD), dan Niken Wulandari (PGSD).
Tim membuat nomor akun agar memudahkan untuk mencatat pada jurnal dan ketika dilakukan pencarian transaksi barang dagangan. Selain itu meng-upgrade laporan keuangan koperasi agar efektif dan lebih terstruktur dalam menginput data dan melakukan perhitungan secara otomatis menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Baca juga:  Anda Bisa Menghasilkan Uang di Forex Tanpa Harus Berinvestasi

Dalam pencatatan buku besar, tim menggunakan Pivotable, agar mudah ketika memantau transaksi satu tahun.
Sementara pada TPQ Sangen, tim melakukan kegiatan membaca, menulis, dan berkomunikasi serta lancar baca tulis Quran. Ketua tim PPMT Luthfia Aurel Fadila berharap PPMT bermanafaat bagi warga setempat. (*/bis/ima/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya