alexametrics

Mahasiswa UPGRIS Ajak Warga Kelurahan Tambakaji Menabung Bank Sampah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Mahasiswa KKN UPGRIS 2022  Kelurahan Tambakaji  Kota Semarang  mengadakan sosialisasi bersama dengan warga lingkungan sekitar diwilayah Kelurahan Tambakaji. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada Minggu (6/2/) lalu  di Pos Kamling RT 03 RW 11.

Dalam acara yang dihadiri sebanyak 30 anggota PKK itu mahasiswa mengedukasi untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan asri serta mengubah perilaku masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Mahasiswa KKN UPGRIS 2022 Kelurahan Tambakaji turut serta dalam kegiatan bank sampah dengan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Dr. Kartinah, M.Pd dan Lurah Tambakaji Agus Maryanto, SH.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, salah satu mahasiswa, Erika Dwi Kusumawardani, menjelaskan tentang pengertian bank sampah. Bank sampah merupakan suatu sistem pengelolaan sampah dari pengumpulan hingga pemilahan sampah yang mendorong masyarakat ikut serta berperan aktif didalamnya.

Baca juga:  IndiHome Utamakan Kepuasan Pelanggan dengan Berbagai Inovasi

Mekanisme bank sampah setelah pelaksanaan sosialisasi akan diadakan pemilahan sampah menjadi sampah organik dan non-organik.

“Hasil dari pemilahan kemudian akan disetorkan dan dijual ke pengepul, dimana sampah tersebut dapat didaur ulang serta mempunyai nilai ekonomis. Dari hasil penjualan sampah diserahkan kepada bendahara PKK diwilayah tersebut,” kata Erika yang didampingi anggota KKN lainnya, Syafa Anugrah Putri.

Tim KKN UPGRIS 2022  Kelurahan Tambakaji berharap dengan adanya sosialisasi dan informasi tentang bank sampah di wilayah RT 3 RW 11 diharapkan dapat terkelola sampah dari sumbernya baik organik maupun non-organik dan menjadi momentum awal dalam membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya bank sampah. (zen/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya