alexametrics

Dugaan Notaris Melanggar Aturan, Kemenkumham Jateng Segera Bentuk Majelis Periksa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Menindaklanjuti laporan Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPD) Kabupaten Karanganyar serta MPD Kabupaten dan Kota Magelang, Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPW) Provinsi Jawa Tengah menggelar rapat terbatas, Jumat (18/2022).

Agus Lahmi Lubis, Ketua MPD Kabupaten dan Kota Magelang menyampaikan hasil sidang laporan masyarakat terhadap salah satu notaris di wilayah kerjanya, yang diduga telah melakukan pelanggaran.

Kesempatan yang sama juga diberikan kepada Ketua MPD Kabupaten Karanganyar, Andrea Indirawati.

Dari dua laporan itu, forum sepakat untuk membentuk Majelis Periksa yang selanjutnya akan melakukan pemeriksaan terhadap para notaris terlapor.

“Kita akan membentuk Tim Pemeriksa, dan untuk segera diagendakan pemeriksaan terhadap terlapor,” ujar Kakanwil Kemenkumham Yuspahruddin setelah mendengarkan pendapat peserta rapat.

Baca juga:  Penanganan Bencana Butuh Anggaran Tak Terbatas

Dia juga mengingatkan untuk membentuk Majelis Pemeriksa dengan memenuhi semua unsur, yakni notaris, akademisi dan unsur dari pemerintah.

Ia juga menyarankan untuk melakukan telaah lebih mendalam terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan notaris terlapor.

“Tentu ini akan lebih mempermudah kita ketika nanti akan melakukan pemeriksaan dan mengambil keputusan,” ulasnya.

Yuspahruddin menimbang perlu adanya kajian tentang mekanisme dalam memberikan sanksi kepada notaris yang sudah jelas melanggar kode etik notaris atau aturan hukum.

Dari rapat tersebut juga diputuskan untuk segera melakukan pemeriksaan, mengingat secara prosedur waktu pemeriksaan perkara ini sudah berjalan.

Hadir dalam rapat tersebut para anggota MPW Provinsi Jawa dari berbagai unsur. Ada Dr. Ana Silviana, Sukinta,  Dr. Djoko Setyo Hartono Widagdo, Junaidi, dan Iwanuddin Iskandar.

Baca juga:  Fitur-fitur Tersembunyi di Samsung Galaxy A52 yang Harus Kamu Kasih Tahu ke Teman

Sementara dari Kanwil Kemenkumham Jateng tampak Kepala Sub Bidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum Widya Pratiwi Asmara dan pegawai Kanwil Kemenkumham Jateng bagian dari Kesekretariatan. (ifa/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya