alexametrics

Pertama di Batang, RS QIM Buka Layanan Fertilitas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Rumah Sakit Qolbu Insan Mulia (RS QIM) buka klinik fertilitas pertama di Kabupaten Batang. Layanan itu dibuka untuk keluarga yang punya masalah dalam memperoleh keturunan. Klinik tersebut diresmikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Rabu (26/1).

“Saya berharap klinik ini bisa membantu masyarakat, khususnya bagi pasangan suami istri yang sudah menikah tapi belum juga memiliki momongan,” ujar Direktur RS QIM dr Ratna Ismoyowati saat peresmian, Rabu (26/1).

Ia menjelaskan, inovasi layanan itu sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Terutama masalah kesuburan. Indikasinya bisa dari keluarga yang sudah satu tahun menikah namun belum berhasil mendapatkan kehamilan.

Baca juga:  Ajari Generasi Z Politik dan Bisnis

“Semoga RS QIM menjadi salah satu rumah sakit yang berperan terhadap pelayanan ketidaksuburan bagi pasutri yang berdomisili di daerah Batang, Pekalongan, ataupun daerah lain,” imbuhnya.

Dokter spesialis Obsgyn RS QIM dr Inne Rizkiani mengatakan, layanan klinik tersebut bida dijangkau mulai Rp 875 ribu hingga Rp 8 juta, sesuai paket yang diberikan. Layanannya berupa inseminasi buatan, yaitu dengan menempatkan sperma langsung ke dalam rahim. Hal itu dilakukan menggunakan kateter kecil. Selain itu ada juga sperma analisa, HSG, dan transvaginal.

“Keberhasilan prosedur ini juga tergantung pada usia, penyebab infertilitas, dan penggunaan obat kesuburan. Tujuan inseminasi buatan sendiri untuk meningkatkan jumlah sperma yang mencapai saluran telur, sehingga terjadi pembuahan dan kehamilan,” terangnya.

Baca juga:  Explore Diri Sambil Traveling? Kenapa Nggak!

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto mengatakan, layanan harus diinformasikan ke publik. “Jangan sampai layanan ini disalah artikan oleh masyarakat. Taunya bisa tercover BPJS Kesehatan kemudian minta layanan gratis. Perlu diluruskan bahwa ini tidak tercover BPJS,” jelas Didiet. (yan/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya