alexametrics

Ahli Kesehatan Lingkungan Ditantang Bantu Atasi Perubahan Iklim

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Provinsi Jawa Tengah menggelar Musyawarah Daerah (Musda) untuk memilih kepengurusan yang baru periode 2021-2026.

Ketua Panitia Musda, Heri Purnomo, SKM, M.Kes mengungkapkan, dalam musda ini juga di gelar seminar uji kompetensi jabatan fungsional sanitarian.

“Seminar ini kami gelar, karena pada tahun 2022 ini dimulainya uji kompetensi funsional sanitarian ketika mulai naik jenjang jabatan berdasarkan permenpan RB,” ungkap Heri Purnomo.

Pria yang juga Ketua 1 DPD HAKLI Jateng itu menambahkan, tema Musda tahun ini yakni “Hakli Kuat, Jawa Tengah Sehat” sangat relevan dengan kondisi saat ini, karena isu kesehatan menjadi fokus penting pemerintah.

“Semua penyakit di masyarakat, faktor resikonya adalah lingkungan yang merupakan pemegang kunci kesehatan, oleh karena itu tenaga kesehatan lingkungan harus bisa menjadi agen kesehatan bagi lingkungannya,” jelas Heri Purnomo.

Baca juga:  Puluhan Anak Difabel Kampanye Perubahan Iklim

Sementara itu Ketua DPP HAKLI Pusat, Prof. DR. Arif Sumantri, SKM, M.Kes mengatakan, ahli kesehatan memiliki peran penting dalam membantu pemerintah dalam mengatasi isu-isu kesehatan lingkungan.

“Salah satu yang saat ini menjadi fokus perhatian pemerintah adalah stunting, angka kematian ibu dan yang global adalah isu perubahan iklim, saya tantang seluruh anggota HAKLI Jawa Tengah, bisa membantu menangani isu-isu tersebut,” tandas Arif Sumantri.

Musda HAKLI Pengurus Provinsi Jawa Tengah, yang digelar di Hotel Grasia Semarang selama dua hari (22-23/1/2022) ini dibuka dr. Wahyu Setianingsih, M.Kes, dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (sls/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya