alexametrics

Dosen Psikologi Unissula Evaluasi MBKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Dosen Fakultas Psikologi Unissula melaksanakan penelitian evaluasi dampak program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan 20-27 Desember 2021. Mereka adalah Joko Kuncoro MSi, Agustin Handayani MSi dan Titin Suprihatin MPsi.

“Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan pendanaan Kemendikbud Ristek Dikti. Penelitian berjudul peningkatan soft skills (komunikasi, adapatabilitas karir, kepemimpinan, inovasi dan kolaborasi) melalui program MBKM pada mahasiswa program studi Psikologi Unissula,” ujar Agustin Handayani.

Merespon program MBKM Kemendikbud tersebut, kata Agustin, Fakultas Psikologi Unissula telah melakukan berbagai kegiatan. Dimulai dengan melakukan perubahan kurikulum untuk menyesuaikan dengan MBKM. Selanjutnya melakukan sosialisasi kepada seluruh dosen dan mahasiswa melalui berbagai kegiatan dan media. “Tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan MBKM,” tandasnya.

Baca juga:  Pentingnya Smartphone untuk Bikin Jualan Online Kamu Laku Keras

Ada empat kegiatan dari delapan kegiatan MBKM yang dilaksakan oleh mahasiswa tahun ini, yaitu magang kerja, asistensi mengajar, pertukaran mahasiswa dan KKN tematik. Total ada 64 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan MBKM tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan, ditemukan perbedaan soft skills antara mahasiswa MBKM dengan mahasiswa non-MBKM. “Soft skills mahasiwa yang mengikuti kegiatan magang lebih baik dari pada mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan MBKM,” jelasnya.

Perbedaan yang paling menonjol adalah pada keterampilan kepemimpinan mahasiswa. Di samping itu, 85 – 97 persen mahasiswa yang mengikui kegiatan MBKM mempunyai soft skills baik dan sangat baik. “Penelitian ini menyimpulkan bahwa program MBKM mampu meningkatkan soft skills mahasiswa,” terangnya. (tri/zal)

Baca juga:  Konsisten Kelola Manajemen Berkelanjutan, BRI Masuk Daftar Indeks SRI-KEHATI

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya