alexametrics

Tim Dosen dan Mahasiswa Untidar Ciptakan Permen Ternak Herbal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Tim dosen dan mahasiswa Universitas Tidar (Untidar), Prodi Sarjana (S1) Peternakan, Fakultas Pertanian dan Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik menciptakan permen ternak. Sekaligus mesin pembuatannya.

Mereka mengenalkan inovasi tersebut kepada 30 peternak dari gabungan kelompok tani Argo Kencono. Sebagai upaya pemberdayaan Pokdarwis Salink (Sadar Lingkungan), di Desa Wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Kegiatan ini berasal dari pemanfaatan dana hibah Program Kemitraan Masyarakat, Kemenristek Dikti 2021.

Ketua penyuluhan, Nur Hidayah, SPt, MSi menyebutkan, permen ternak merupakan pakan tambahan atau suplemen untuk ternak ruminansia—seperti sapi, kerbau, domba dan kambing. Permen dibuat dari bahan baku sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Diolah sedemikian rupa sampai berbentuk blok padat dan keras.

Baca juga:  Tanamkan Karakter Religius, SD IT Bina Amal Gelar Semarak Muharram

“Permen ternak merupakan teknologi suplementasi pakan penguat, mineral, dan bisa ditambahkan jamu herbal,” kata dia usai penyuluhan bertema Inovasi Pembuatan Permen Ternak dengan Mesin Pres Otomatis Berbasis Pneumatik, kemarin.

Dikenalkan juga alat pres otomatis berbasis teknologi pneumatik untuk membuat permen ternak. Alat ini dikembangkan tim Untidar yang diketuai Ikhwan Taufik, SPd, MEng. Teknologi pneumatik diterapkan di mesin pres ini dengan mempertimbangkan keuntungan penggunaan sistem pneumatik, jika dibandingkan menggunakan teknologi lain. (put/bis/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya