alexametrics

Produksi Serbuk Jahe Lebih Tahan Lama Berkat Mesin Kristalisasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas minuman kesehatan rempah-rempah, tim pengabdian masyarakat Undip memberi bantuan mesin kristalisasi jahe dan mesin sealer plastik kepada UKM Minuman Kesehatan di Ungaran.

Bantuan di serahkan oleh  tim pengabdian kepada masyarakat yang  terdiri dari Drs. Sutrisno, MT, Mohammad Endy Yulianto, ST, MT dan Didik Ariwibowo, ST, MT dari Sekolah Vokasi Undip kepada UKM Gendhis Manes dan UKM UD Tiga Dara, Sabtu (11/12/2021).

“Mesin kristalisasi jahe ini digunakan untuk membuat jahe serbuk dengan cara mekanis. Mesin ini mampu memproduksi jahe serbuk sebesar 10 kg dengan waktu kristalisasi 30 menit,”  ungkap M. Endy Yulianto, ST., MT. selaku anggota tim pengabdian kepada masyarakat yang berperan di sisi proses.

Baca juga:  Kolaborasi Industri Kreatif Lokal, BRI-NeverTooLavish Tampil Keren Sasar Milenial

Bantuan peralatan dari tim Pengabdian Masyarakat Sekolah Vokasi Undip ini, menurut Ketua UKM Ghenis Manes, Khasna Saadati, mampu meningkatkan kualitas hasil produksinya.

“Dengan menggunakan mesin kristalisasi ini kami bisa  memproduksi jahe serbuk yang lebih  tahan lama dibandingkan dengan sirup jahe yang telah  kami produksi terdahulu,” ujar Khasna Saadati ketua UKM Ghendis Manes.

Ungkapan kegembiraan juga dilontarkan pelaku UKM lainnya, yang mendapat bantuan peralatan dari Tim Pengabdian Masyarakat Sekolah Vokasi Undip.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat Undip. Dengan sealer platik model injak ini proses pengemasan jahe serbuk yang kami produksi menjadi lebih cepat,” ujar Herliani Jufni ketua UKM Tiga Dara.

Baca juga:  Antusiasme Masyarakat Dukung Uji Klinis Vaksin COVID-19

Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian  kepada masyarakat tahun kedua dari tiga tahun yang direncanakan dari program Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat (PKUM) LPPM Undip tahun anggran 2021. Dengan bantuan alat-alat tersebut diharapkan UKM minuman kesehatan rempah-rempah dapat meningkatkan produktivitasnya. (sls/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya