alexametrics

Dapat Bantuan Oven, UKM Tiga Saudara Mampu Tekan Ongkos Produksi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Untuk meningkatkan produktivitas dan higienitas  produksi mete, tim pengabdian kepada masyarakat Undip memberi bantuan oven dan peralatan  proses penggorengan mete di Suruh, Kabupaten Semarang, Minggu (12/12/2021).

Bantuan di serahkan tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri  terdiri dari Drs. Sutrisno, MT, Mohammad Endy Yulianto, ST, MT dan Didik Ariwibowo, ST, MT dari Sekolah Vokasi Undip kepada UD Tiga saudara.

Oven ini, menurut Didik Ariwibowo, ST, MT,  digunakan untuk proses pengupasan kulit ari dari mete dengan kapasitas 200 kg/batch dengan bahan bakar gas LPG. Oven ini dilengkapi dengan kontrol suhu dimana api kompor akan mengecil dengan sendirinya  apabila suhu dalam ruang oven telah tercapai.

Baca juga:  Telemedicine FK Undip Diapresiasi Gubernur Ganjar

“Oven ini sangat irit bahan bakar dan kualitas produk seragam, sedangkan untuk meningkatkan higienitas, kami merancang layout produksi serta memberi bantuan berupa dapur penggorengan dan meja pendinginan mete,” ungkap  Didik Ariwibowo yang ikut berperan mendesain alat.

Bantuan Oven ini di sambut gembira Ketua UKM Tiga Saudara, Hermawan Sigit, yang mengaku alat tersebut dapat menekan beaya produksi dan meningkatkan kapasitas produksi.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat Undip. Dengan oven  ini kami bisa melakukan pengupasan kulit ari mete sendiri yang mana sebelumnya kami  menggunakan jasa pengupasan di tempat lain yang harganya relatif  mahal,” ujar Hermawan Sigit.

Baca juga:  Jadi Salah Satu Rights Issue Terbesar di Dunia, Bukti Kepercayaan pada Indonesia

Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian  kepada masyarakat tahun kedua dari tiga tahun yang direncanakan dari programIpteks bagi Desa Binaan Undip (IDBU) LPPM Undip tahun anggran 2021. Dengan bantuan alat-alat tersebut diharapkan UKM dapat meningkatkan produktivitasnya, lebih meningkat keuntungannya serta proses produksi menjadi lebih higienis. (sls/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya