alexametrics

Tingkatkan Daya Saing UMKM Tahu, Undip Beri Pendampingan CPPB

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro memberikan pendampingan  kepada UMKM ”Berkah Jaya” di Guyangsari/Kalidoh dan UMKM Sumber Hidup di  Langensari Barat, Kelurahan Langensari. Keduanya berlokasi di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Undip, Sri Utami Handayani ST, MT mengatakan, timnya melakukan pendampingan penerapan Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia (BPOM, 2002). Pendampingan dilakukan, karena kedua UMKM tersebut, belum menerapkan CPPB yang baik.

“Pendampingan rencananya kami lakukan secara bertahap selama 3 tahun dan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan higienitas proses produksi,” ungkap Sri Utami Handayani.

Pada tahun pertama telah diberikan pengarahan tentang Cara Produksi Pangan yang Baik serta pembuatan bak penampung adonan tahu yang terbuat dari SS304 food grade dan rak tahu kapasitas 44 widik.

“Bak penampung lebih higienis dibandingkan bak beton yang sebelumnya digunakan. Penggunaan bak beton tidak higienis dan rawan ter-erosi sehingga material bak semen dapat bercampur dengan adonan tahu. Kontaminasi kotoran dan material bak penampung dapat mempengaruhi kualitas dan higienitas tahu,” jelasnya.

Selain itu, tambah Sri Utami Handayani, tahu yang telah dicetak dibuatkan rak tahu dengan desain yang ringkas namun mudah dibersihkan.

“Rak tahu ini dapat menampung tahu dalam jumlah lebih banyak, sehingga UMKM dapat meningkatkan produktivitasnya tanpa memperluas areal produksi. Material besi hollow dengan finishing cat dapat menghindari terkumpulnya kotoran dan jamur seperti material yang sebelumnya yaitu bambu,” pungkasnya.

Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro yang terdiri dari Sri Utami Handayani ST, MT (Ketua), dan anggota yang terdiri Ir Murni, MT, serta Hermawan Dwi Aryanto, Ph.D, akan terus melakukan pendampingan untuk meningkatkan daya saing UMKM. (sls/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Lainnya

12 Sekolah Ma’had Komitmen Wujudkan SRA

Langkah Sederhana Selamatkan Lingkungan

383 Personel Divaksin Booster

Kini Leap-Telkom Hadir di Sumatera Utara

Populer

Artikel Menarik Lainnya