alexametrics

Sinergi Pemkot Magelang dan Tokopedia Bantu UMKM Naik Kelas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang –  Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz baru saja menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak platform marketplace, Tokopedia. Kerjasama ini merupakan terobosan pemkot dalam rangka pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi Covid-19. Khsususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Poin-poin yang akan menjadi kerjasama ini, Tokopedia akan memberikan fasilitasi digital ekonomi bagi pelaku UMKM dan warga masyarakat berbasis rukun tetangga (RT). Fasilitas itu antara lain berupa pelatihan  dan pendampingan pemasaran daring, dukungan untuk fasilitasi pembukaan Toko Bersama dalam website Tokopedia bagi UMKM binaan Pemkot Magelang. Selain itu, kolaborasi dalam pemberdayaan warung tradisional (e-warung) melalui mitra Tokopedia dan berbasis RT.

Baca juga:  Waspada Peningkatan Mobilitas Warga di Akhir Pekan

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menjelaskan, digital ekonomi dari Tokopedia tidak dikenakan biaya, baik kepada UMKM maupun masyarakat. Sebab tujuan dari kerjasama ini adalah untuk memfasilitasi beberapa layanan digital ekonomi dan layanan publik  elektronik untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi pelaku UMKM di Kota Magelang.

“Saya optimistis, UMKM dapat bangkit lagi di era new normal ini,” ucap dokter Aziz, di Pendopo Pengabdian, Selasa, (30/11/2021).

Wali Kota Aziz mendorong kepada pelaku UMKM turut mengambil bagian dalam ekonomi reformasi, kreatif dan inovatif, serta jeli menangkap peluang. “Kualitas produk juga harus dijaga,” pesannya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang Suryantoro menjelaskan, setelah penandatanganan kesepakatan kerjasama ini akan ditindaklanjuti dengan penyusunan perjanjian kerjasama (PKS) antara Tokopedia dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yang terlibat dalam pemberian fasilitas digital ekonomi. Di antaranya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan kelurahan-kelurahan, dan OPD lain yang mendukung pelaksanaan kesepakatan bersama ini.

Baca juga:  Bupati/Wali Kota di Jabar Diminta Usulkan RTM Penerima Bantuan Penanggulangan COVID-19

“Sementara terkait pembiayaan dari hasil tindak lanjut kesepakatan bersama ini, dibebankan pada masing-masing entitas organisasi Pemkot Magelang dan Tokopedia,” jelasnya.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan memuji Kota Magelang mempunyai potensi UMKM yang besar untuk berkembang secara digital. Kerjasama ini juga bentuk perhatiannya membantu UMKM naik kelas. Pihaknya akan memberikan program pelatihan UMKM naik kelas, lalu digitalisasi pasar tradisional bersama Diskominsta Kota Magelang, dan memberikan kemudahan pelayanan publik.

“Di bidang pelayanan publik saat ini sudah berjalan dengan PPB, dimana PBB Kota Magelang bisa dibayarkan melalui Tokopedia,” terangnya.

Adapun produk-produk UMKM yang akan dipasarkan di Tokopedia melalui tahap kurasi, setelah sebelumnya para UMKM mengikuti pelatihan. (put/bas)

Baca juga:  Sierad Produce Perluas Penerapan Solusi XL Smart Poultry

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya