alexametrics

Ini Cara Mudah Baca Al-Qur’an dan Belajar Tafsir Lewat Gadget

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Bagi umat muslim, membaca Al-Qur’an adalah sebuah kewajiban. Dengan membaca Al-Qur’an kita bisa meraih keutamaan Al-Qur’an, apalagi dengan sampai khatam membaca 114 ayat suci Al-Qur’an. Kini, dengan semakin canggihnya teknologi, gadget yang kita gunakan sehari-hari pun bisa dimanfaatkan untuk membaca Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an serta mempelajari tafsirnya, tentu jadi cara yang baik untuk meningkatkan kualitas keimanan diri seorang umat muslim. Hadis Sunan Ad Darimi meriwayatkan perihal balasan bagi orang yang membaca Al-Qur’an.

Dari Abu Sa’id Al Hudri dia berkata “Barang siapa yang membaca sepuluh ayat pada malam hari, maka dia dicatat termasuk orang-orang yang berzikir, dan barang siapa yang membaca seratus ayat, maka dia dicatat termasuk orang-orang yang taat, serta barang siapa yang membaca lima ratus sampai seribu ayat, maka pagi harinya dia akan mendapatkan satu qinthar pahala.” Ditanyakan; Berapa satu qinthar itu? Ia menjawab “Emas sepenuh (wadah sebesar) kulit sapi jantan atau kira-kira 70 ribu dinar.”

Pahala dan keutamaan membaca Al-Qur’an tentu menjadi dorongan bagi umat muslim, agar bisa membaca Al-Qur’an di setiap kesempatan yang ada. Kini dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, membaca Al-Qur’an dan mempelajari tafsirnya pun semudah menggunakan gadget di tangan.

Salah satu situs yang menyediakan 114 surat Al-Qur’an adalah tafsirweb.com. Situs ini dapat diakses dengan mudah melalui gadget yang kita gunakan sehari-hari seperti smartphone.

Tak hanya menyajikan 6236 ayat suci Al-Qur’an, kita juga bisa mempelajari tafsir dari masing-masing ayat. Hal itu pun, selain memberikan kita pahala, juga semakin memahami isi dan makna dari kitab suci Al-Qur’an.

Kemudahan bisa kita rasakan dari pertama kali membuka situs Tafsirweb, di mana kita langsung ditampilkan daftar surat Al-Qur’an dari Al-Fatihah sampai dengan surat An-Nas.

Kita hanya perlu mengeklik surat yang ingin kita baca, dan dengan cepat kita langsung bisa membaca ayat suci Al-Qur’an, lengkap dengan terjemahannya. Untuk membaca makna atau tafsirnya, kita juga hanya perlu mengeklik nomor ayat, dan akan langsung tampil tafsir Al-Qur’an dari berbagai macam mufasir.

Tafsir Al-Qur’an yang tersedia di Tafsirweb juga melimpah. Kita bisa memahami makna tiap ayat Al-Qur’an, seperti Tafsir Al-Muyassar terbitan Kementerian Agama Saudi Arabia, dan Tafsir Al-Mukhtashar atau Markaz Tafsir Riyadh.

Tampilan situs Tafsirweb yang sederhana dan ringan, tak hanya memudahkan kita mencari surat atau tafsir yang ingin kita baca, tapi juga memudahkan para pengguna gadget yang sudah cukup lawas. (*/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya