alexametrics

Dosen Unnes Beri Pelatihan Soft Skill untuk Dongkrak Kualitas Guru SMK Kimia Industri di Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang– Untuk mendukung peningkatan kualitas guru SMK Kimia Industri di kota Semarang, dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan pelatihan soft skill.

Mereka melaksanakan proses pembelajaran dalam bentuk workshop yang berisi langkah-langkah konkrit penyusunan perangkat pembelajaran disertai best practice hasil riset yang telah dilakukan tim pengabdi. Produk yang dihasilkan dapat dipergunakan guru dalam memandu siswa mencapai keterampilan dasar yang diperlukan siswa dalam dunia kerja.

“Workshop ini sangat berguna untuk mengembangkan keterampilan guru dalam membuat RPP dan bahan ajar yang terintegrasi kesiapan kerja 4.0 yang digaungkan Kemendikbud, lulusan kita nantinya bisa siap kerja dengan soft skill yang memadai,” ungkap Fanny Firman Syah, M.Pd., salah satu peserta pelatihan dari SMK Yayasan Pharmasi Semarang.

Baca juga:  Dekan Unnes Dukung RKUHP Disahkan

Sementara guru lainnya mengaku sangat terbantu dengan pelatihan soft skill, yang diberikan dosen UNNES tersebut.

“Terjadi peningkatan pengetahuan guru sebesar 55% dalam pemahaman guru tentang model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk mengimplementasikan employability skill 4.0 setelah mengikuti pelatihan ini,” ungkap Harjono, S.Pd., M.Si.

Dalam pelatihan yang di gelar secara daring itu, dosen UNNES di Prodi Farmasi jurusan Kimia yang juga anggota tim pengabdi yang konsen di link and match triple helix antara pendidikan menengah vokasi, dunia industri dan pendidikan tinggi. Willy Eden, M.Sc., Apt., mengatakan kegiatan yang di gelar pihaknya mengintegrasikan aspek-aspek employability skill.

“Berkat kegiatan ini, kami berkontribusi dalam mengintegrasikan aspek-aspek employability skill yaitu komunikasi, kerjasama, pemecahan masalah, prakarsa dan berusaha, mengelola diri, merencanakan dan mengatur kegiatan, belajar, menggunakan teknologi, serta aspek K3 dalam perangkat pembelajarannya,” tutur Willy Tirza Eden, M.Sc., Apt.

Baca juga:  Sering Terdengar Suara Gamelan di Gunung Ledek

Anggota pengabdi lainnya. Senda K.R, M. Pharm.Sc., Apt dan Endah W., M.Sc., Apt berharap, dengan kegiatan pelatihan soft skill untuk para guru SMK Kimia Industri ini, mampu membantu Pemerintah menekan angka pengangguran lulusan SMK, yang saat ini menempati posisi TPT tertinggi berdasarkan tingkat pendidikan yaitu sebesar 10,42 %. (sls/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya