alexametrics

Kurangi Fatalitas Korban Laka, Relawan Dilatih Penanganan Gawat Darurat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Untuk membantu menekan korban kecelakaan lalu lintas agar tidak berdampak fatal, PT Jasa Raharja dan Korlantas Polri menggelar Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD) untuk korban kecelakaan lalu lintas, bagi para relawan di jalur rawan lakalantas.

Kadiv Pelayanan PT Jasa Raharja, Haryo Pamungkas mengatakan, pelatihan ini diberikan, agar  masyarakat di sekitar daeran rawan laka dapat berperan aktif dalam memberikan pertolongan pada korban kecelakaan.

“Serta mengetahui pihak- pihak yang dapat dihubungi demi menurunkan tingkat fatalitas korban laka lantas sehingga jumlah korban meninggal dunia dapat menurun,”ujar Haryo Pamungkas, saat PPGD di Semarang, Rabu (27/10/2021).

Pelatihan ini, tambah Haryo, sangat vital diberikan, karena angka kecelakaan di Jawa Tengah, menduduki peringkat kedua jumlah santunan terbesar yang diberikan Jasa Raharja.

“Sampai bulan september kemarin, penyerahan santunan di wilayah cabang Jawa Tengah mencapai lebih dari 300 milyar rupiah, dengan total korban baik luka maupun meninggal mencapai 38 ribu korban, ini jumlah terbesar kedua secara nasional,” ungkapnya.

Sementara itu Plh. Kasubditlaka Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Abrianto Pardede mengatakan, penanganan yang tepat terhadap korban kecelakaan lalu lintas, dapat menyelamatkan korban dari kejadian yang lebih fatal.

“Dalam banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang kami tangani, korban laka dapat terselamatkan dari kondisi yang fatal, karena mendapat penanganan awal yang bagus, karena itu saya berharap para relawan yang mengikuti pelatihan ini, bisa benar-benar menyerap ilmu yang diberikan pemateri, untuk membantu penanganan korban laka,” harap Abrianto Pardede.

PPGD yang di gelar selama sehari itu, di ikuti puluhan relawan dan volunteer dari kota Semarang, Wonosobo dan Bumiayu, yang selama ini menjadi penyumbang terbesar korban kecelakaan di Jawa Tengah. (sls/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Segarnya Pemandian Muncul Ambarawa

Pohon Tumbang Timpa Pengendara Motor di Batang

Adopsi Kartu Tani, Raih Doktor

Populer

Artikel Menarik Lainnya