alexametrics

Awalnya Takut, Akhirnya Mampu Operasikan Kamera

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Faziatul Khusnah memiliki pengalaman baru saat diminta mengoperasikan kamera ketika tapping program talkshow di iNews TV Semarang.

Mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, IAIN Kudus angkatan 2018 ini awalnya merasa kesusahan. Ia takut terkendala kamera tidak stabil dan tidak tahu urut-urutan narasumber talkshow.

“Belum terbiasa melakukan perpindahan kamera ketika mengambil gambar narasumber saat talkshow berlangsung,” jelasnya menceritakan pengalaman menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di iNews TV Semarang.

Faziatul Khusnah merupakan satu dari sepuluh mahasiswa IAIN Kudus prodi Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus yang mengikuti PPL di iNews TV Semarang.

Lainnya adalah Fatimatuz Zahroh, Ahmad Lutfi Faizur Rohman, Eka Deviana, Ahmad Nico Aris Maulana, Putri Milasari, Zainuddin Wakhid, Kholifatul Munfarida, Ahmad Faiz Yahya, dan Wajihan Bidatin Nur. PPL berlangsung di bawah bimbingan dosen Sunarni SSos MIKom.

Baca juga:  Jasa Raharja dan BVT Kolaborasi untuk Data Road Safety

Kegiatan yang berlangsung selama Agustus 2021 ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman dan pengalaman nyata dalam pelaksanaan keilmuan prodi di lapangan. Juga memberikan bekal ketrampilan dan kompetensi prodi.

Fatimatuz Zahroh mengaku menemukan banyak hal baru selama PPL.Sebab mereka semua terlibat di produksi konten iklan layanan masyarakat (ILM). Mulai dari membuat konsep, storyboard, menjadi talent, mengambil gambar, hingga proses editing. Hasil karya mereka lalu diserahkan ke pembimbing PPL di iNews untuk di-review sebelum ditayangkan di iNews.

PENGALAMAN BARU : Salah seorang mahasiswa saat praktik di iNews TV Semarang. (IST)

“Jadi lebih paham bekerja di media televisi itu seperti apa,” katanya. Sedangkan Ahmad Luthfi Faizur Rohman mengaku mendapat tambahan pengetahuan teknis saat menjadi kameramen tapping talkshow.

Baca juga:  Abdurrahman Kasdi Menjadi Profesor Termuda di IAIN Kudus Berkat Pengabdiannya

Eksekutif Produser iNews TV Girindra Whardana menjelaskan, ini merupakan kesempatan emas untuk mahasiswa mengetahui secara langsung proses produksi secara teknis dan konten. Bisa paham kerja keredaksian, khususnya bekerja di industri televisi.

“Ini pelajaran berharga terkait dengan kerja-kerja jurnalistik dan kerja di media. Ini menjadi bekal penting ketika nanti masuk dunia kerja, khususnya ketika bekerja di industri media khususnya televisi,” tambah Dosen Pembimbing Sunarni. (ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya