alexametrics

Kemenkumham Jateng Salurkan 3.626 Paket Sembako

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Jateng) membagikan 3.636 paket sembako. Bantuan ini diberikan pada masyarakat lingkungan kantor wilayah yang terdampak pandemi Covid-19. Adapun paket bantuan sosial ‘Kumham Peduli Kumham Berbagi’ diberikan dalam bentuk beras, minyak goreng, gula, mie instan, sarden, dan susu.
“Seluruh Indonesia melakukan ‘Kumham Peduli Kumham Berbagi’, kami sendiri menyalurkan 3.626 paket sembako di seluruh Jateng,” ujar Kepala Kemenkumham Jateng A Yuspahruddin di sela kegiatan, Kamis (29/7/2021).
Ia mengatakan, bantuan ini diambil dari anggaran recofusing pandemi Covid-19. Selain itu, beberapa lainnya merupakan bantuan dari pegawai. “Kami ajak pegawai dan kami imbau mereka untuk berbagi sesama, karena kita ini tidak termasuk yang terdampak,” tambahnya.
Dalam kegiatan serentak ini, Kanwil Kemenkumham Jateng juga mendapat bantuan uang senilai Rp 100 juta dari Menteri Hukum dan HAM RI. Serupa dengan 6 kanwil lainnya yang memberlakukan PPKM Darurat Level 4. Yuspahruddin mengungkapkan, penggunaan anggaran sebesar ini akan dikoordinasikan kepada pemerintah dan gubernur. “Kami akan berkoordinasi dengan gubernur terkait pendistribusiannya, manakah yang paling terdampak dan paling tepat. Bisa yang terkena penyakit atau pekerjaannya terdampak,” imbuhnya.
Sementara itu, Menteri Kemenkumham Yasonna Laoli mengatakan, melalui program bantuan sosial yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal, tercatat memberikan total bantuan sosial sebanyak 46.614 paket, dan dana sosial sebesar Rp 700 juta.
Paket tersebut diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 43.558 kepala keluarga yang terdampak langsung pandemi Covid-19, serta kepada 3.056 orang ASN Kemenkumham yang terpapar Covid-19. Sedangkan dana sosial diberikan kepada tujuh Kantor Wilayah Kemenkumham yang saat ini menerapkan PPKM Level 4, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.
“Insan Pengayoman melalui program pemberian bantuan sosial ‘Kumham Peduli, Kumham Berbagi’ adalah bagian dari kepedulian kepada masyarakat dan saudara kita sesama pegawai yang terpapar Covid-19. Ini merupakan bentuk kepedulian, jiwa sosial, rasa welas asih serta semangat untuk berbagi,” jelasnya. (ifa/bas)
Baca juga:  Tanpa Money Politik, Komisi A Beri Reward Bantuan Keuangan Desa Sidayu

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya