alexametrics

Transaksi Tokopedia di Jateng Naik Empat Kali Lipat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang Transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat Tokopedia E-Samsat Jawa Tengah, pada kuartal 1 2021 tercatat mengalami kenaikan  hampir 4 kali lipat,  jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, di tengah kondisi saat ini, transaksi digital  menjadi pilihan masyarakat untuk mengurangi potensi penyebaran virus.

“Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dalam menghadirkan fitur layanan E-Samsat untuk membantu masyarakat Jawa Tengah membayar pajak sekaligus berkontribusi pada ekonomi daerah,” ujar Ganjar Pranowo, Senin (12/7/2021).

Sementara itu, Tokopedia menyatakan akan terus mengedepankan kolaborasi, dengan mitra strategis untuk mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk dalam hal pembayaran pajak.

“Layanan Tokopedia E-Samsat diharapkan tidak hanya dapat mampu membantu masyarakat dalam membayar pajak, tetapi juga berkontribusi mendorong perkembangan ekonomi digital di Jawa Tengah,” ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Baca juga:  Babak Kualifikasi Super Esports Series Season 1 Bakal Seru dan Full Kejutan

Melalui Tokopedia E-Samsat dan Sistem Administrasi Kendaraan dan Pajak Online (Sakpole) Jawa Tengah, wajib pajak dapat memotong tiga jalur antrian sekaligus, yaitu proses registrasi kelengkapan dokumen, pembayaran, hingga pengesahan.

“Pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa menjadi lebih cepat karena proses tersebut dilakukan dalam hitungan menit di mana pun kapan pun lewat Tokopedia” tutur Astri.

Menurutnya, cukup dengan mengetik E-Samsat di kolom pencarian di Tokopedia, kemudian pilih Samsat Jateng dan masukkan kode bayar yang sebelumnya didapatkan dari aplikasi Sakpole. Selanjutnya, klik ‘Cek Tagihan’ dan pilih metode pembayaran yang diinginkan.

Tokopedia menyediakan 50 opsi pembayaran yang dapat dipilih, termasuk pembayaran secara cicilan, transfer bank, uang elektronik, gerai offline seperti minimarket dan kantor pos dan masih banyak lainnya. Setelah itu, wajib pajak dapat melakukan pengesahan melalui aplikasi Sakpole. (sls/bis/bas)

Baca juga:  Seminggu Tampung 3,5 Juta Wisatawan

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya