alexametrics

Kementerian ATR/BPN Terus Sosialisasikan PP No 21 Tahun 2021

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang melakukan Sosialisasi Kebijakan Penataan Ruang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

“Bagi daerah yang telah memiliki Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), pelaku usaha maupun non-berusaha dapat menggunakan mekanisme Konfirmasi KKPR, namun jika daerah tersebut belum memilliki RDTR, dapat menggunakan Persetujuan KKPR,” kata Direktur Jenderal Tata Ruang, Abdul Kamarzuki, di Hotel Po Selasa (27/4/2021).

Ditambahkan Abdul Kamarzuki salah satu terobosan di bidang tata ruang, yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR). Konfirmasi atau persetujuan KKPR yang fungsinya menggantikan izin lokasi serta menggantikan berbagai Izin Pemanfaatan Ruang (IPR) untuk membangun dan pengurusan tanah.

Baca juga:  Peringati Kemerdekaan RI, BRI Salurkan Dana Pendidikan Bagi 68 Paskibraka dan 1.800 Anak Tenaga Kesehatan

Adapun keberadaan PP ini, lanjutnya, dapat segera ditindaklanjuti pemerintah daerah lewat peraturan daerahnya. Hal ini Karena belum banyak daerah yang ikut menyelaraskan perda rencana tata ruang wilayah (RTRW) dengan PP No 21 tentang penataan ruang ini.”Salah satu terobosan yang diatur oleh PP ini adalah Rencana Tata Ruang yang dijadikan sebagai single reference untuk dasar perizinan KKPR,” ujarnya.

Perubahan mindset, imbuhnya, perlu dilakukan karena PP 21/2021 yang memuat terobosan-terobosan penataan ruang terutama dengan penyederhanaan proses perizinan berusaha dengan adanya KKPR.

“Jadi UU Cipta Kerja dan PP 21 Tahun 2021 bertujuan membenahi iklim ekosistem investasi dan kegiatan berusaha baik di wilayah maupun di daerah. Sedangkan bentuk perbaikan ekosistem investasi salah satunya adalah penyederhanaan persyaratan dasar perizinan berusaha,” pungkasnya. (hid/bis/bas)

Baca juga:  Perkuat Financial Advisory, Cara BRI Memakmurkan Ekonomi Desa

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya