alexametrics

Dampingi Warga Desa Karangjong Cegah Penularan Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta gencar mendampingi masyarakat Desa Karangjong, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora untuk terus menjalankan program-program pencegahan penularan Covid-19.

Untuk itu, kelompok KKN ini sangat aktif mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), terlebih di kondisi era normal ini.“Dalam melaksanakan kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelas ketua kelompok KKN, Liman Seno Aji.

Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi gizi anak, pemahaman mengenai vaksin Sinovac, pembuatan masker, pembuatan desinfektan, pembuatan handsanitizer, pembuatan tempat cuci tangan, pembuatan sabun cuci tangan, dan teh herbal.

Selain itu, kegiatan lain yang bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari yaitu pembuatan pupuk organik, dan penanaman kelor. Menurutnya, hal ini penting dilakukan mengingat banyaknya hewan ternak yang dipelihara masyarakat. Dengan metode ini diharapkan membantu mengatasi permasalahan ekonomi. “Mereka bisa menggunakan fases hewan ternak, bukan hanya mengandalkan pupuk kemasan,” tambahnya.

Baca juga:  Status Asap Berbahaya, ACT Bagikan Ribuan Masker untuk Warga Terdampak #BantuMerekaBernapas

KKN kelompok 17 ini diikuti oleh tiga mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan lima mahasiswa dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan yang selama 45 hari. Ia menyebut, peran masyarakat baik secara materi maupun nonmateri sangat membantu terlaksananya program KKN.

Dengan adanya apresiasi masyarakat yang baik, dapat membantu mahasiswa KKN belajar bersosialisasi dengan warga, belajar bersikap dan beradaptasi dengan orang lain sesuai dengan norma yang ada di masyarakat tersebut.“Peran masyarakat sangat mendukung dalam kelancaran dilaksanakanya program KKN kami,” tegasnya. (ifa/bis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya