alexametrics

Bank Jateng Dukung Percepatan Pembangunan Tol Solo-Jogjakarta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Mendukung percepatan pembangunan Jalan Tol Solo – Jogjakarta – New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo, Bank Jateng melakukan kerja sama dengan PT Jogjasolo Marga Makmur (PT JMM) di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Selasa (15/12).

“Kerja sama ini sebagai upaya kami dalam mendukung program pemerintah dalam melakukan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Salah satunya mendukung bidang pembangunan infrastruktur,” kata Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Supriyatno.

Supriyatno menjelaskan, pada proyek kali ini Bank Jateng memberikan dukungan berupa pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan. Yakni membantu pembiayaan kredit dengan skema Sindikasi, bekerja sama dengan perbankan lain. Kemudian pembiayaan kredit kepada Main Kontraktor atau Subkontraktor dengan skema Construction Loan atau skema rantai pasok (Supply Chain Financing) sesuai dengan syarat dan ketentuan bank teknis, serta penyaluran dana payroll karyawan PT Jogjasolo Marga Makmur.

Baca juga:  RUPS PT XL Axiata, Setujui Pembagian Deviden serta Perubahan Susunan Direksi dan Dewan Komisaris  

Ia menambahkan, pembiayaan utama, yakni pemanfaatan layanan Cash Management System dan Digital Banking untuk mendukung kegiatan operasional, hingga pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan lainnya, yang biasanya menyangkut bank-bank pusat dan bank daerah.

“Kami juga membantu membiayai pembebasan tanah. Pada awal pembangunan kami membantu menyalurkan dana untuk kegiatan ganti untung lahan milik perorangan atau Badan Usaha,” ucapnya.

Pihaknya sangat bersyukur karena pada pembangunan kali ini melibatkan Bank Pembangunan Daerah (BPD). Selain Bank Jateng pembangunan juga melibatkan Bank BPD DIJ.“Ini merupakan hal yang patut untuk ditonjolkan, karena fungsi bank daerah sebagai agen pembangunan di daerah ditunjukkan di dalam pembangunan proyek jalan tol ini,” ujarnya.

Baca juga:  Badko Masih Temukan TPQ Belum Berizin

Supriyatno berharap pembangunan infrastruktur di daerah juga mengikutsertakan BPD setempat. Agar mereka tidak hanya menjadi penonton saja.“Saya juga berharap pembangunan jalan tol ini, tidak memengaruhi atau malah meminggirkan para pelaku UMKM. Tapi bisa membantu meningkatkan pemasukan pelaku UMKM. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian,” harap Supriyatno.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur (PT JMM) Adrian Priohutomo mengucapkan terima kasih kepada Bank Jateng, karena sudah memberi support dalam pembangunan Jalan Tol Solo – Jogjakarta – NYIA Kulon Progo.

“Kami juga akan berupaya keras menjalankan proyek ini dengan cepat, aman, serta memberikan kualitas yang terbaik dan tepat waktu,” ucap Adrian Priohutomo.

Adrian menambahkan, total panjang jalan tol mencapai 97 kilometer. Membentang dari Solo ke Jogjakarta sampai Kulonprogo dan sedikit keluar ke Purworejo. Terbagi menjadi tiga seksi, seksi satu dari Solo atau Kartasura sampai Purwomartani sepanjang 42,37 kilometer, kemudian seksi dua dari Purwomartani ke Gamping Jogja sepanjang 23,4 kilometer dan seksi tiga dari Gamping ke Kulonprogo dan sedikit ke Purworejo sepanjang 30,77 kilometer.

Baca juga:  5 UPT Kemenkumham Jateng Terima BMN Kendaraan dari Itjen Kemenkumham

“Kami juga berharap pembangunan jalan tol ini dapat menimbulkan efek yang positif kepada seluruh masyarakat khususnya di Jawa Tengah dan DIY,” ujar Adrian. (cr1/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya