alexametrics

Mencicipi Masakan Khas Jawa ala Warung De’Menake Borobudur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mungkid – Anda sedang berwisata di wilayah Borobudur Kabupaten Magelang? Tidak ada salahnya menyempatkan beriwisata kuliner di salah satu warung makan unik ini.

Benar saja, namanya warung makan De’menake. Berada di kompleks Semesta Area Dusun Sangen Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Warung ini berkonsep jawa kuno. Berdiri di antara bangunan joglo yang disiapkan sebagai tempat makan.

Owner Warung De’menake, Dian Wahyu Pramaline mengatakan, pihaknya mengambil konsep masakan jawa yang disajikan secara prasmanan atau buffet.

Tidak hanya itu, pengunjung bisa langsung mengambil sayuran atau makanan diatas ‘luweng’ atau tempat memasak berbahan bakar kayu yang disediakan di warung itu.

Berbagai jenis masakan disediakan di warung ini. Mulai sayur tahu, tempe, sayur lodeh, sop, singkong dan juga daun pepaya. Ada juga sop jawa, sayur lodeh, sambel terasi hingga gereh layur.

Baca juga:  Peringati HUT ke-48 PDIP, Hendi Pimpin Gerakan Penghijauan

Tak ketinggalan lauk pauknya. Mulai dari telur dadar, telur asin, tahu dan tempe goreng, ayam goreng, babat iso bacem. Ada pula mangut nila, mangut beong dan menu spesial, opor, tengkleng dan oseng kenyel.

Untuk snack pihaknya menyediakan berbagai pilihan khas. Yang bisa dinikmati secara cuma-cuma.

Selain itu, pihaknya juga menyajikan berbagai jenis minuman. Mulai dari aneka jus, hingga racikan rempah rempah.

Dian mengatakan pihaknya mendesain komplek warung dengan meja yang khas. Semua meja di joglo utama depan warung dibuat dari lesung. Yang didesain sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai meja.

“Warung De’menakke ini buka setiap hari, mulai pukul 10.00-21.00. Khusus akhir pekan buka lebih pagi 07.00-22.00 malam,” katanya.

Baca juga:  IDI Antisipasi Berkurangnya Jumlah Tenaga Medis

Untuk harganya, jangan kuatir. Menu menu tadi hanya berkisar Rp 3 ribu – Rp 15 ribuan saja.

Santoso, 43, salah satu wisatawan asal Sleman Jogjakarta terkesan dengan sajian menu khas sego jangan di warung demenake. Menurutnya, masakannya memiliki cita rasa yang berbeda. “Saya sudah kesini dua kali ini. Masakannya enak,” kata dia.

Selain itu, tata bangunannya juga menarik. Sehingga bisa dipergunakan untk spot foto selfie. (ima/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya