alexametrics

Sekolah Vokasi Undip Bantu Mesin Ekstraktor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang– Sebagai upaya  meningkatkan produktivitas minuman kesehatan rempah-rempah, Dosen Sekolah Vokasi Undip memberi bantuan mesin ekstraktor subkritis  jahe, mesin pemarut jahe dan pemeras jahe kepada UKM Minuman Kesehatan di Ungaran, Kamis (12/11/2020).

Bantuan diberikan oleh Tim pengabdian kepada masyarakat Sekolah Vokasi Undip yang terdiri dari Drs. Sutrisno, MT, Mohammad Endy Yulianto, ST, MT dan Didik Ariwibowo, ST, MT kepada UKM Gendhis Manes dan UKM UD Tiga Dara.

“Mesin ekstraktor jahe yang kami buat mempunyai kapasitas 20 liter per batch dengan tekanan 2 bar, sedangkan mesin pemarut jahe mempunyai kapasitas 50 kg per jam dan pemeras jahe dengan kapasitas 15 kg per batch,” ujar  Drs. Sutrisno, MT selaku ketua tim pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga:  PN Magelang Gencar Sosialisasikan E-Court

Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian  kepada masyarakat tahun pertama dari tiga tahun yang direncanakan dari program Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat (PKUM) LPPM Undip tahun anggran 2020. Dengan bantuan alat-alat tersebut diharapkan UKM minuman kesehatan rempah-rempah dapat meningkatkan produktivitasnya.

“Dengan menggunakan ekastraktor bantuan tim pengabdian masyarakat dari Undip, maka zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan yang ada pada jahe dapat keluar semua pada saat proses ekstrasi sehingga dapat meningkatkan efesiensi pada proses produksi” ujar Khasna Saadati, Ketua UKM Ghendis Manes. (sls/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya