Qurban Progresif Tingkatkan Perekonomian Peternak Kambing

151

RADARSEMARANG.ID – Bulan Desember 2019 mendatang, harga hewan setara kambing di Global Qurban melalui program Qurban Progresif adalah Rp 1,3 juta. Nilai ini nantinya terus meningkat seiring mendekati hari raya Iduladha yang akan jatuh pada Juli 2020 mendatang. Para peternak hewan kurban di Lumbung Ternak Wakaf pun mulai sibuk menyiapkan hewan terbaiknya untuk disembelih nanti.

Lily Sukarli, peternak kambing di LTW Tasikmalaya, mengatakan bahwa hewan kurban untuk tahun 2020 sudah disiapkan jauh-jauh hari. Perawatan terbaik dilakukan sepanjang tahun agar ketika Iduladha tiba, kualitas hewan kurban tetap baik. Warga di sekitar peternakan pun dilibatkan, yang tentu saja memberdayakan dan meningkatkan pendapatan masyarkarakat.

“Jumlah pekerja di peternakan ini bisa sampai ratusan orang. Mereka berbagi tugas, mulai dari mengurusi ternak hingga perawatan lahan yang ditanami rumput odot sebagai pakannya,” jelas Lily, Rabu (20/11).

Kambing-kambing yang dirawat di LTW Tasikmalaya merupakan kambing milik pekurban yang berkurban di Global Qurban melalui program Qurban Progresif. Nantinya, beberapa hari sebelum Iduladha, kambing-kambing ini didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia, khususnya daerah yang sedang ditimpa bencana danmasyarakat prasejahtera.

Pemberian pakan, kebersihan tubuh kambing, serta kandang yang nyaman dan bersih dijaga agar kualitas hewan kurban tetap terjaga. Semua pekerjaan ini dilakukan oleh pekerja peternakan yang berasal dari warga sekitar. Mereka mendapatkan pelatihan untuk wawasan terlebih dahulu sebelum ikut dalam proses pemeliharaan hewan ternak.

Harinah Yuli Eti, warga Yogyakarta yang juga ikut program Qurban Progresif, mengatakan bahwa ia sudah beberapa tahun terakhir ini memilih berkurban di Global Qurban. Di tahun 2020 mendatang, Eti sudah menunaikan transaksi untuk hewan kurbannya pada Hari Bahagia Nasional pada 11 November lalu.

“Karena saya percaya ya Global Qurban menyalurkan hewan kurbannya ke warga yang memang membutuhkan, kualitas hewan juga sesuai beratnya. Sistem pelaporannya juga lengkap. Ada dokumentasi fotonya juga,” ungkap Eti, Senin (11/11) lalu.

Eti merupakan salah satu dari ribuan orang yang memilih Global Qurban sebagai penyalur hewan kurbannya. Tak hanya pendistribusiannya yang merata, akan tetapi dari sisi ekonomi juga memberdayakan masyarakat, khususnya peternak dan warga yang tinggal di sekitarnya. “Dengan adanya Qurban Progresif ini membuat sepanjang tahun peternakan terus melakukan kegiatan, mereka menjaga dengan baik kambing-kambing yang ada untuk nantinya disembelih saat Iduladha datang,” sebut Desi Susanti dari tim Kemitraan Global Qurban, Rabu (20/11). (act/web/ap)