alexametrics


Bergaya di Tengah Hamparan Teh

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID – Panorama alam yang indah di Kabupaten Semarang seakan tak ada habisnya. Banyak tempat yang masih tersembunyi dan jarang terekspose media. Salah satunya Kebun Teh Kaligintung.

Kebun teh seluas 23 hektare ini terletak di wilayah Desa Duren Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang dan Desa Kemitir, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung. Hampir tiap hari ada pengunjung yang datang. Terlebih lagi saat akhir pekan atau hari libur. Sebab pengunjung bisa foto-foto, bergaya di hamparan hijau pohon-pohon teh tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Di bagian utara yang masuk di wilayah Dusun Duren dan menghadap ke arah barat laut, pengunjung akan dihadapkan pada hamparan bukit layaknya tumpeng berwarna hijau berselimut kabut. Sedangkan di bagian selatan wilayah Kemitir, pengunjung akan merasakan suasana berada di tengah himpitan perkebunan the. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung bisa melihat proses pemetikan teh oleh pekerja. Tapi tentunya harus datang pagi hari.

Muji, 40, pengelola kebun mengungkapkan, sebenarnya pada 2020 kebun ini akan diresmikan sebagai tempat wisata. “Tapi ya itu karena covid, terpaksa kita undur lagi peresmian pembukaanya. Kalau kondisi memungkinkan Agustus ini saya mau ke Semarang lagi buat ngurus wisata kebun teh ini,” terangnya.

Meski begitu pengunjung bisa kapan saja datang ke sana. Tapi bagi calon pengunjung yang mau berkemah dan mengadakan acara tertentu harus izin terlebih dahulu. Karena untuk menimimalkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencemaran lingkungan atau kehilangan barang-barang berharga.

“Kemarin itu ada sekitar 30 orang itu, ndak izin, ndak ada apa-apa. Padahal itu guru, wong pakai seragam. Wira-wiri ada saya kok ndak bilang saya. Langsung saya tegur,” kata laki-laki paro baya itu.

Berhubung masih dalam proses menjadi tempat wisata, fasilitas yang tersedia memang belum memadai. Seperti tempat parkir yang hanya berupa lahan-lahan kosong di antara perkebunan. Juga belum ada toilet umum, gazebo serta tempat beribadah.

Untuk datang di lokasi ini, pengunjung dari Pasar Sumowono bisa ambil arah ke Temanggung.  Setelah memasuki wilayah Desa Trayu pengunjung akan melewati wisata alam Bamboo Garden di sebelah kanan. Kemudian memasuki kawasan Desa kemitir akan melewati wisata alam Sukorini yang juga berada disebelah kanan. Lurus terus hingga sampai di Kantor Desa Kemitir setelah itu belok kiri. Jalan lurus saja hingga sampai di kawasan Kebun Teh Kaligintung. Untuk berjaga-jaga bisa ditanyakan kepada warga sekitar jalan menuju ke arah kebuh teh. (mg8/mg7/ton)

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya