alexametrics

Cita Rasa Kupat Tahu Batoar Temanggung Tidak Berubah sejak 1973

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Kupat Tahu Batoar menjadi kuliner legendaris di  Temanggung. Tempat ini sudah ada sejak 1973 dan sampai sekarang tidak pernah sepi. Cita rasa manis asin yang dipertahankan membuat pengunjung selalu ketagihan.

Kuliner tradisional ini berada di Jalan Gilingsari No. 5, Pandean, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Sudah banyak kuliner serupa di kawasan tersebut. Tapi, tempat ini tetap menjadi primadona.

Cita rasa kuah kacangnya yang khas, menjadikan kuliner ini tetap menjadi nomor satu di hati masyarakat Temanggung.  “Kuah kacangnya kental, dan bumbunya meresap, mantap sekali,” ungkap salah satu pelanggan, Jumardi.

Kupat Tahu Batoar. (Luluk Anisa Widyawati/Jawa Pos Radar Magelang)

Cita rasa khas bukanlah isapan jempol. Sudah hampir setengah abad warung ini tetap menjadi yang terbaik. Bahkan sudah dikelola generasi ketiga. Bahkan, sekarang sudah memiliki cabang baru di depan Pom Bensin Manding, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung sekarang dikelola generasi ketiga Subiyanto.

Baca juga:  Komunitas Temanggung Berhijrah Santuni 300 Yatim Piatu

Pendiri bernama Kupat Tahu Batoar Temanggung Harjotego. “Pengunjungnya selalu ramai, saya jadi nyaman bekerja di sini,” aku salah satu pegawai yang sudah mengabdi selama 25 tahun, Sarti, 40.

Sarti mengatakan, nama Kupat Tahu Batoar diambil karena lokasinya dekat dengan tempat pemotongan hewan, Abatoar. “Biar mudah dikenal, jadi namanya Kupat Tahu Batoar,” jelasnya.

Salah satu kunci untuk terus bertahan adalah konsistensi menjaga cita rasa. Bumbu kuah kacang manis dan asin sangat cocok dengan lidah orang Jawa. Terlebih, kuliner ini disajikan dengan topping kubis, bawang goreng, dan tauge yang masih fresh. “Jadi, rasanya beda dari yang lainnya,” tambahnya.

Seporsi Kupat Tahu Batoar Temanggung hanya Rp 13.000. Kuliner ini merakyat, hampir semua kalangan menikmati sajian kuliner tradisional tersebut. (mg3/fth)

Baca juga:  1.821 Orang Berebut 76 Kursi Karyawan RSUD Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya