alexametrics

Menikmati Kepala Manyung di Warung Makan Jums Semarang, Satu Porsi Capai 2 Kg

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Pecinta Kuliner pedas patut mencoba masakan ikan laut kepala manyung Warung Makan Jums Semarang. Satu porsi beratnya bisa mencapai 2 kg. Pedasnya nampol, rasanya mantap dan bikin keringat langsung gembrobyos.

Warung makan Jums berada di Jalan Supriyadi, Kota Semarang.  Jums adalah kepanjangan dari nama Juyamin Setiyowati. Juga, sebutan dari Juyamin dan kawan-kawan. Yaitu, Juyamin dan Mas Kaji Slamet.

Menu spesialnya kepala manyung dengan berat 2 kg. Termasuk salah satu favorit pelanggan. Bisa untuk dinikmati 5 orang dengan konsep makan bersama. “Disini spesial kepala manyung dan itu yang banyak diminati. Untuk yang ukuran 2 Kg harganya Rp 200 ribu,” ujar pengelola Warung Jums Semarang Juyamin kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ikan kepala manyung kreasi olahan warung Jums. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

Untuk mengolah kepala manyung dan menu lainnya, dibutuhkan resep yang detail. Termasuk selalu tersedia bawang goreng dan onclang agar terasa sedap dan mantap mak nyuss. Bahan yang digunakan juga selalu fresh.

Baca juga:  Sediakan Jajanan Sehat Harga Bersahabat, Pemasaran sampai Jakarta

“Menunya ada kepala manyung, daging manyung, lele, dan segala ikan asap. Untuk pindang uap segera menyusul. Ada pula sayur asem sebagai pelengkap makan,” tambah pria  asli warga Kampung Pengasapan Ikan, Desa Wonosari, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak.

Sebelum buka di Semarang warung dengan berbagai macam menu ikan laut itu sudah dirikan di Jalan Stasiun Kota Demak. Kemudian, pernah di Graha Sakinah jalan lingkar, Alun Alun Demak dan belakang kabupaten. “Sekarang, kita konsentrasi jualan di Tree Foodhall Jalan Supriyadi,” tambahnya.

Selain bisa dimakan di tempat, juga melayani pesanan. Kalau kepala manyung atau mangut dengan berat 4 ons atau setengah kg harganya antara Rp 35 hingga Rp 45 ribu per porsi. “Sangat terjangkau,”ujarnya.

Baca juga:  Serba Klenger, Pernah Bikin Bakso Seberat 55 Kg

Ia menambahkan, olahan ikan kepala manyung mendapat respon baik dari para penyuka kuliner ikan laut. Selain melayani di warung, Juyamin juga melatih anak anak SLB agar punya keterampilan mengolah ikan.   Olahan ikan laut yang disajikan tanpa pengawet. Bahan ikan yang diolah pun dipilih dengan kualitas yang terbaik. “Alhamdulillah, banyak pelanggan dari luar daerah yang datang dan semua senang dengan menu kepala manyung,” tambahnya. (hib/fth)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya