alexametrics

Menikmati Minuman Khas Sumatera Barat di Warung Ma’andah Ungaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Teh telur merupakan minuman khas Sumatera Barat. Tapi pecinta kuliner bisa mencicipinya di Kabupaten Semarang. Minuman tradisional yang diyakini bisa menambah stamina sekaligus membuat perut kenyang.

Minuman teh telur yang satu ini bisa ditemukan di Warung Sate Ma’andah Jalan Brigjen Sudiarto No.1 Ungaran. Sudah sejak 2006 menyediakan minuman khas tersebut. Siska Novianti, 27 merupakan generasi kedua yang tetap menyediakan menu spesial teh telur. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bahkan beberapa kali menikmati menu minuman tersebut.

Teh telur atau teh talua merupakan teh yang dipadukan dengan telur kampung, rempah, serta jeruk nipis. Tapi di sini bahan yang digunakan adalah kuning telur bebek, susu kental manis, gula, garam, lada, dan teh. Teh yang digunakan tak sembarangan. Hanya teh bermerek bendera. “Harus teh bendera.

Baca juga:  Lupakan Kolesterol, Saatnya Menikmati Gurihnya Lontong Kikil Pak Yanto

Di Padang juga pakainya itu. Teh telur itu biasanya ditemani pisang goreng,” kata Siska Novianti, 27, saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang.

Aroma wangi teh tercium begitu harum. Kekentalan teh dan telur berpadu ketika di seruput. Tenggorokan terasa hangat. Penyajian teh telur memang saat panas. Penyajiannya biasanya ditambah jeruk nipis. Yang membuat minuman khas Padang semakin enak. Asam jeruk nipis membuat kesegaran tersendiri.

Teh telur terasa amis karena dicampur dengan kuning telur bebek. Butuh tiga hingga lima menit untuk menyiapkan segelas teh telur. Kuning telur bebek, gula, garam, lada bubuk di mixer seperti membuat adonan roti.

“Memang paling enak diminum selagi panas. Sambil jangan lupa diaduk. Di Padang ini menu sarapan wajib dan sebagai minuman ketika makan malam,” ujarnya.

Baca juga:  Pembuatnya Tinggal 11 Orang, Serabi Kalibeluk Banyak Diburu

Karena cita rasa yang enak, dan diyakini memiliki khasiat khusus membuat banyak pelanggan yang datang. Tidak jarang, para pelanggan menelepon sebelum datang. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang selalu sibuk dengan hobi bersepeda bahkan kerap menyempatkan mampir menyeruput teh telur tersebut. “Beberapa kali Pak Ganjar kesini, sebelum pandemi. Biasanya ramai-ramai dengan rombongan,” tambahnya.

Siska mengakui minuman teh susu diyakini memiliki khasiat. Tidak hanya membuat tubuh menjadi segar, teh telur ini dapat meningkatkan stamina, mengembalikan tenaga setelah lelah seharian bekerja dan baik untuk menjaga kesehatan. Segelas teh telur mengandung vitamin A, D, E dan K yang berasal dari telur yang digunakan.

“Biasanya penikmat teh telur kebanyakan olahragawan terutama gowes. Jadi mereka usai gowes mampir. Perut kenyang tapi tidak membuat gemuk,” tambahnya. (ria/fth)

Baca juga:  Dulu hanya Disajikan saat Lebaran, Kini Legondo Diburu Turis Asing

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya