alexametrics

Lupakan Kolesterol, Saatnya Menikmati Gurihnya Lontong Kikil Pak Yanto

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Penikmat kuliner rela mengantri berjam-jam hanya untuk mendapatkan semangkuk gurihnya Lontong Kikil Pak Yanto. Perpaduan rasa yang pas dan segar membuat lontong kikil ini menjadi daya tarik tersendiri. Jangan mikir kolesterol kalau ingin menyantapnya.

Meskipun mamanya lontong kikil, tapi isinya beragam. Tidak hanya kikil atau kulit sapi. Satu porsi lontong kikil terdiri dari lontong, kikil, babat, paru, iso, lidah, kuping, hidung, otak-otak, kaki dan beberapa jeroan lainnya. Jadi lupakanlah tentang kolesterol bila ingin menyantap dengan tenang.

Kuah memiliki rasa kaldu yang kuat. Bening dan sedap. Meskipun isinya adalah jeroan sapi, tapi aroma amisnya tidak ada sama sekali. Agar empuk, jeroan ini perlu dimasak hingga sekitar tiga jam.

Baca juga:  Sambut Dies Natalis ke-57, Unnes Luncurkan Rumah Inovasi

Lontong Kikil Pak Yanto pertama kali buka di Jogjakarta. Kini sudah buka cabang di Solo, Malang dan Semarang. Warung cabang Semarang berada di Jalan Tanjungsari, Pedurungan Lor.

Dalam sehari, setidaknya ada 400 lontong yang terjual. “Untuk jeroannya, yang juga terdiri dari kikil itu sendiri, bisa mencapai 20 kilogram jeroan dalam sehari,” ujar Eka Hendra, supervisor Lontong Kikil Pak Yanto cabang Semarang.

Pembeli bisa mendapatkan lontong kikil hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 22 ribu. Sedangkan untuk sup jeroan sapi beserta kikil dihargai Rp 19 ribu tiap porsi. “Setiap cabang yang buka itu pasti rame,” ujar Eka.

Bila ingin menikmati lontong kikil ini, sebaiknya datang pagi. Sebab seringkali antrean pembeli sudah memenuhi tempat duduk yang disediakan. Bila sudah penuh, antrean akan ditutup sementara.

Baca juga:  Libatkan Kepolisian dan Kejaksaan, Pemkot Semarang Buru Distributor Obat dan Apotek Nakal

Setiap hari, warung Lontong Kikil Pak Yanto buka dari jam 10.00 hingga 20.00. Tapi bila banyak pembeli, bisa tutup lebih cepat. Terkadang jam 18.00 sudah tutup karena persediaan memang sudah ludes. (mg15/mg20/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya